EDMODO DALAM PEMBELAJARAN GRAMMAR DAN TINGKAT LITERASI TEKNOLOGI MAHASISWA

Widi Sriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Edmodo sebagai media pembelajaran dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat literasi mahasiswa di era teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan mengambil 2 kelas sampel (eksperimen dan kontrol). Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dengan terlebih dahulu melalui uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian didukung oleh angket yang diberikan kepada kelas eksperimen dengan terlebih dahulu melalui uji validitas butir angket. Dari hasil penghitungan independent t-test, thitung> ttabel, yaitu 1.79 > 1.67. Sehingga, Ho ditolak dan hipotesis Hi diterima yang artinya, mahasiswa yang menggunakan media Edmodo lebih tinggi nilai rata-rata-nya dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan media konvensional. Hal ini didukung dengan hanya 7% mahasiswa yang memiliki tingkat literasi teknologi yang rendah.Sisanya 73% mahasiswa mempunyai tingkat literasi teknologi yang sedang dan 20% mahasiswa mempunyai tingkat literasi yang tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Edmodo tersebut efektif sebagai media pembelajaran grammar mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Ainiyah,Z. 2015. Penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di smkn 1 surabaya. Jurnal.Diakses dariejournal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/12541dan diunduh pada 28 September 2016.

Al-Said, K., M. 2015.Students' Perceptions of Edmodo and Mobile Learning and their Real Barriers towards them. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology April 2015, volume 14 issue 2. Diakses dari www.tojet.net/articles/v14i2/14220dan diunduh pada28 September 2016.

Andy Kirkpatrick. 2012. English as an internatinal language in asia: implications for language education. Basel: Springer.

Danver, S., L. 2016. The Sage encyclopedia online education. New York: Sage Publication.

Enriquez, M., A., S. 2014. Students’ Perceptions on theEffectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning.DLSU. Research Congress 2014. De La Salle University, Manila, Philippines March 6-8, 2014. Diakses dari www.dlsu.edu.ph/conferences/dlsu_research_congress/2014dan diunduh pada28 September 2016.

Eshetu, G. 2015. Factors affecting instructional leaders perception towards educational media utilization in classroom teaching. Hamburg: Anchor Academic Publishing.

Fauzi, Adin. 2015. The effectiveness of edmodo in increasing students’ writing skill in recount text (an experimental study towards the first GRADERS OF MAN REJOTANGAN IN ACADEMIC YEAR 2014/2015.Skripsi.Diakses dari www.http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1879///dan diunduh pada28 September 2016.

Gerot L., Peter, W. 1995. Making sense of functional grammar. Sydney: Gerd Stabler.

González, A., Jennings, D., Manriquez, L. 2014. Multi-faceted Impact of a Team Game Tournament on the Ability of the Learners to Engage and Develop their Own Critical Skill Set.International Journal of Engineering Education, 30 (5): 1213-1224.

Lundby, K. 2008. Digital storytelling, mediated stories: self-representations in new media. New York: Peter Lang Publishing.

Monalisa., Ardi, H. 2013. Using “edmodo” educational social network in teaching english for high school students. Skripsi.Diakses dariejournal.unp.ac.id › Home › Vol 2, No 1 (2013) dan diunduh pada 28 September 2016.

Permana, B., S. 2016. Teaching vocabulary through edmodo for second grade junior high school students. Skripsi. Diakses dari repository.wima.ac.id/7769/1 dan diunduh pada 29 September 2016.

Rahmadika, S. 2014. Efektifitas penerapan media jejaring sosial Edmodo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diktat sistem komputer.Skripsi.Diakses dari www.respiratory.upi.edu//dan diunduh pada29 September 2016.

Ramdani, A. 2014.Penggunaan aplikasi Learning Management System (LMS) Edmodo berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI.Skripsi.Diakses dari www.respiratory.upi.edu//dan diunduh pada29 September 2016.

Sousa, D., A. 2011. How the ELL brain learns. Thousand Oaks, CA: Corwin Sage Company.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Team Editor. 2008. Cambridge advanced learner’s dictionary third edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Team Management Associations. 2015. Curriculum design and classroom management: concepts, methodologies, tools, and applications. Hersey, PA: IGI Global.

Tripathi, H. 2016. Effectiveness of Blended Learning Using LMS-Edmodo in Teaching Economics at Higher Secondary Level.The International Journal of Indian Psychology ISSN 2348-5396 (e) | ISSN: 2349-3429 (p) Volume 3, Issue 3, No. 10, DIP: 18.01.180/20160303. Diakses dari oaji.net/articles/2016/1170-1466107686 dan diunduh pada 29 September 2016.

Http://edmodo.com/ diakses pada 27 September 2016

Http://nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-fitur-edmodo/ diakses pada 27 September 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ