PELAKSANAAN LESSON STUDI DALAM PEMBELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA PADA BIDANG KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UHAMKA

M. Jamil Latief, Onny Fitriana Sitorus

Abstract


Paradigma student centered menjadikan peran dosen di kelas sebagai perantara (fasilitator/mediator) pembelajaran bukan hanya sebagai penyampai informasi (transformator). Untuk perbaikan peran tersebut, dipandang perlu melakukan suatu kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, salah satunya adalah melalui kegiatan lesson studi. Kegiatan lesson studi ini diinisiasi oleh fakultas pada Tahun Akademik 2017/2018 Gasal, untuk dilaksanakan di seluruh program studi di lingkungan FKIP UHAMKA. Pada Program Studi kami yakni Program Studi Pendidikan Ekonomi, mengusung tema “Pelaksanaan Lesson Studi dalam Pembelajaran Korespondensi Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Semester V Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA.” Setelah pelaksanaan lesson studi, dilanjutkan dengan melakukan kajian atas pelaksanaan lesson studi tersebut yang hasilnya kami uraikan dalam simpulan dan implikasi. Beberapa simpulan yang didapat dari pelaksanaan Lesson Studi adalah: Pertama, Lesson Studi merupakan suatu cara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; Kedua, Lesson Studi merupakan suatu kegiatan yang harus dirancang dengan baik melalui Siklus Plan, Do, See, dan; Ketiga, hasil akhir pelaksanaan Lesson Studi dapat menjadi bahan introspeksi baik bagi Dosen Model maupun Dosen Observer untuk menghasilkan Role Model Dosen Profesional dan Inovatif. Untuk Implikasi dari pelaksanaan Lesson Studi dirumuskan sebagai berikut: Pertama, adakan Pelatihan Ketahanmalangan untuk membentuk jiwa-jiwa tangguh; Kedua, Adakan Pelatihan Kepribadian untuk membangun Kepercayaan Diri sehingga melahirkan “Personal Branding”, dan; Ketiga, adakan Pelatihan Retorika (Public Speaking Thematic).

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, Depag dan JICA. 2009. Panduan untuk Lesson Studi Berbasis MGMP dan Lesson Studi Berbasis Sekolah. Jakarta: Program Peningkatan Kualitas.

Putra, Yukon dkk, 2010. Belajar dari Pembelajaran: Best Practice Implementasi Lesson Studi. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional.

Richardson, J. 2004. Lesson Studi: Teacher Learn How to Improve Instruction. National Staff Development Council (NSDC)

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Tenaga Pendidik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Susilo, Herawati dkk. 2011. Lesson Studi Berbasis Sekolah: Tenaga Pendidik Konservatif Menuju Tenaga Pendidik Inovatif. Jatim: Bayu Media.

Thobrani, Muhammad dan Musthofa, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Widhiartha, Ashintya Putu dkk. 2008. Lesson Studi: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan Nonformal. Surabaya: Prima Printing Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ