PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KONSEP PERMAINAN ENGKLEK (MATLEK)

Penulis

  • Ismah Ismah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Annisa Trista Dwitama Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran matematika sehingga berdampak pada penurunan minat belajar siswa terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan konsep permainan engklek yang seterusnya akan disebut dengan Matlek praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research), dengan pendekatan model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.Adapun hasil yang ingin dicapai media engklek yang dikembangkan untuk pembelajaran matematika memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil penelitian tahap validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika dengan konsep permainan engklek (Matlek) dengan kategori sangat baik dan praktis. Berdasarkan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran ini efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Referensi

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Muljono, D. d. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Imam Abdillah dan Dadang Sudrajat. 2017. Pengembangan Permainan Ular Tangga Pada Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN Majalengka Wetan VII. Jurnal Online ICT-STMIK IKMI Vol. 11-No. 1 Edisi Juli

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-16