IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DI PESANTREN ( STUDI KASUS DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR INDONESIA)

Nurul Salis Alamin

Abstract


Kepemimpinan adalah suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian rupa sehingga tercapailah tujuan bersama kelompok itu. Dalam kenyataan hidup sosial, peran dan fungsi pemimpin sangatlah penting dalam mensukseskan setiap usaha bersama. Hal ini bisa disaksikan dalam berbagai lembaga sosial, baik politik, ekonomi, kemasyarakatan, keagamaan dan pendidikan. Pondok Modern Darussalam Gontor adalah lembaga pendidikan pesantren yang mendidik para santrinya dengan penekanan orientasi kemasyarakatan dan kepemimpinan. Pondok ini telah berhasil menelurkan para alumni yang berkapasitas pemimpin dalam berbagai organisasi di semua segmentasi masyarakat dan dalam skala kepemimpinan yang berbeda-beda, mulai dari lingkup lokal, nasional, bahkan internasional. Untuk itu penting kiranya melakukan penelitian mendalam terhadap implementasi pendidikan kepemimpinan di Pondok Modern Darussalam Gontor, terutama mengenai methode pendidikan kepemimpinan yang diterapkan serta faktor-faktor pendukung penerapannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dimana untuk memperoleh data yang akurat serta obyektif, maka penulis datang langsung ke lokasi penelitian untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang telah penulis peroleh dianalisa menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Dengan langkah-langkah berupa penyeleksian kelengkapan data, kemudian masuk tabulasi (menggolongkan kategori jawaban, memberikan kode terhadap item-item), kemudian dilanjutkan tahap akhir berupa kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa metode pendidikan kepemimpinan yang diterapkan di Pondok Modern Darussalam Gontor terdiri dari pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, keteladanan, pendekatan (manusiawi, idealisme, program). Dengan didukung oleh faktor lingkungan, kegiatan keorganisasian dan nilai-nilai atau falsafah hidup yang ditanamkan dalam setiap kegiatan.

Keywords


Kepemimpinan, Pendidikan Kepemimpinan, Metode, Pondok Modern

Full Text:

PDF

References


Al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi, Muslim bin, Ensklopedia Hadits Shahih Muslim 2, (Jakarta : Almahira,2013)

Baharuddin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, ( Bandung: PT. Syaamil Cipta Media, 2015)

https://www.uin-malang.ac.id/r/140701/menangkap-nilai-kepemimpinan-dari-shalat-berjama-ah.html ( diakses pada hari Kamis, 20 Juni 2019, pukul 19.27)

https://www.academia.edu/35575156/NILAI-NILAI_KEPEMIMPINAN_ISLAM_DALAM_BERKELUARGA ( diakses pada hari Kamis, 20 Juni 2019, pukul 18.51)

Indrafachrudi, Soekarno. Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah yang Baik, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1993)

Sekretasis Pimpinan, Serba Serbi Pondok Modern Darussalam Gontor, (Ponorogo: Darussalam Press, 1997)

Suharto, Ahmad. Menggali Mutiara Perjuangan Gontor, (Yogyakart : Le Nabas Publishing House, 2015)

Syukri Zarkasyi, Abdullah. Bekal untuk Pemimpin: Pengalaman Memimpin Gontor, (Ponorogo: Trimurti Press, 2011).

Syukri Zarkasyi, Abdullah. M.A, Manajemen Pesantren Pengalaman Pondok Modern Gontor, ( Ponorogo: Trimurti Pers, 2005)

Syamsul. Shuhbah Arti Berteman Menurut Islam, Majalah Gontor, Edisi Maret 2012/Rabi’ul Akhir-Jumadal Awal 1433.

Wardun, “Pondok Modern Darussalam Gontor”, (Ponorogo: ISSN 2087-0175, Vol.66, Sya’ban, 1434 H).

Yudiaatmaja, Ridayana. Dam AgisKonsep, Teori dan Karakternya”,

Media Komunikasi FIS (online) Vol 12, No 2 (Agustus 2013).

Zarkasyi, Imam. Diktat Pekan Perkenalan Pondok Modern Darussalam Gontor, (Ponorogo: Darussalam Press, 2000)




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.33-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ