MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH (Studi Komparasi Lembaga Pendidikan Di Indonesia Madrasah Pembangunan UIN Jakarta) dan Thailand (Ma’had Al-Ulum Adiniyah Pohontanjong Ruso Narathiwat)
Abstract
Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang terintegrasi dalam Sistem Pendidikan Nasional baik di Indonesia dan Thailand. Sejarah madrasah pada masa silam telah mengingatkan kepada sebuah lembaga yang terdiskriminasikan. Namun keberadaan madrasah sangatlah dibutuhkan masyarakat. Pendidikan merupakan proses untuk meningkatkan, memperbaiki, mengubah pengetahuan, ketrampilan dan sikap, serta tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha untuk mencerdaskan kehidupan manusia melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan pelatihan. Sekolah/madrasah adalah bagian penting dari sistem pendidikan nasional. Persoalan utama yang dihadapi sekolah/madrasah secara umum adalah terkait dengan manajemen mutu pendidikan yang meliputi Standar Nasional Pendidikan baik di Indonesia dan Thailand. Madrasah Pembangunan UIN Jakarta dan Ma’had Al-Ulum Addiniyah Pohontanjong Narathiwat merupakan lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan dari berbagai aspek dan bisa dijadikan rujuk mutu bagi sekolah/madrasah yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengekaji: Manejemen Mutu Pada Madrasah Pembangunan UIN Jakarta dan Ma’had Al-Ulum Addiniyah Pohontanjong Narathiwat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-komparatif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kasus individu (individual cases) dan analisis data lintas kasus (cross-cases analysis). Adapun hasil yang telah ditemukan kedua-dua lembaga pendidikan ini adalah Standar Program yang berkaitan dengan program mengacu kepada kurikulum nasioanal yang ditetpakan oleh pemerintah masing-masing tetapi menambah atau memperkayakan cirikhas dan penguatan kajian keislaman sebagai penguatan lokal. Secara keseluruhan kesimpulan akhirnya adalah melalui pengembangan mutu pembelajaran dan kelembagaan bermutu itu dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang beruniversal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif Rohman, 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama
Beeby, CE, dalam Yusuf Enoch, 1992. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
George R. Terry alih bahasa Winardi, 2012. Asas-Asas Manajemen, Bandung : Alumni
Harold D. Koontz dan Cyril O’Donnel, 1964. Principles of Management. New York: Mc. Graw Hill Book Company
H.A.R. Tilaar, 2006. Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta
John R. Schemerhorn, 2010. Induction to Management, (Asia: Sons Asia) Pte Ltd,
Prim Masrokan Mutohar, 2014. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Schemerhorn, 2002. Management, 7th Ed; New York: John Wiley & Sons Inc.,
Suharsimi Arikunto, 2004. Organisasi dan Adminsitrasi Pendidikan, Teknologi, dan Kejuruan. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada
Surya Subroto, 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Susi Susilawati Harahap, 2009. Tesis Pengaruh Penerapan Standar Nasional Pendidikan Terhadap Kesempatan Kerja Lulusan Siswa Smk Negeri Di Kotamedan, (Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan
Syafaruddin, 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Usman, Husaini, 2011. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Yunardi, MASc., 2014. Jurnal Sistem Pendidikan Di Thailand. Kantor Atase Pendidikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok
Zainal Aqib, 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya,
DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.85-94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License