PENGEMBANGAN PROGRAM PEDULI LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) PADA SMP ISLAM PLUS BAITUL MAAL

Maya Yunus, Margono Mitrohardjono

Abstract


Tujuan penelitian ini bagaimana peran sekolah Islam memberikan perhatian besar terhadap program pengembangan lingkungan hidup dan bagaimana peran sekolah menjadikan sekolahnya sebagai Green School. SMP Islam Plus Baitul Maal menyusun model program peduli lingkungan. Program ini baik yang berkaitan dengan kurikulum, kesiswaan, dan lingkungannya, berencana menjadikan sekolahnya sebagai Green School. Diciptakannya bumi oleh Allah SWT adalah merupakan amanah yang harus dijaga dari satu generasi ke genersi berikutnya. Karena  bumi ini diciptakan bukan hanya  untuk satu masyarakat tertentu atau satu generasi tertentu saja, tetapi untuk seluruh masyarakat dan untuk generasi sepanjang masa sampai masanya tiba Allah menakdirkan kiamat terjadi, maka bumi pun akan hancur. Karena itu, bumi dan alam raya ini,  diciptakan tidak hanya untuk dimanfaatkan oleh setiap generasi manusia, juga sebagai titipan, sebagai amanh agar generasi berikutnya dapat pula menggunakan dan memanfaatkan dengan baik. Kewajiban menjaga bumi dan lingkungannya adalah merupakan tanggungjawab semua manusia yang menyadari bahwa dunia ini akan diwariskan ke anak cucu kita. Makin lama usia bumi kita makin tua dan kemampuan bumi untuk menanggung  beban tingkah laku manusia makin kecil. Begitu pula kerusakan yang terjadi dimuka bumi makin lama makin membuat bumi menjadi tempat yang tidak layak huni bagi manusia. Kewajiban itu juga ada dan melekat kepada lembaga pendidikan yang diberi kepercayaan oleh orangtua untuk mendidik, membentuk karakter, dan memberikan ilmu dan keterampilan kepada generasi muda penerus bangsa. Kesadaran sekolah untuk menyamakan visi dan membuat program akan menentukan keberhasilan menjaga lingkungan hidup.


Keywords


Green School, Karakter Teladan, Peduli Lingkungan, Kebaikan

Full Text:

PDF

References


Amirul Mukminin Al-Anwari, Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri , TA’DIB, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014

Bayu Indra Permana, Nurul Ulfatin, Budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri, Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Volume 3, Nomor 1, Juni 2018

Bella Amanda Ardanita, Sugeng Utaya, I Nyoman Ruja’, Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Komunitas Pelajar Peduli Lingkungan Hidup (KPPLH), Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 7 Nomor: 4 Bulan Mei Tahun 2017 Halaman: 969 - 974

Darning Rakhmawati, Andreas Priyono, Budi Prasetyo, Sri Ngabekti, Peran Program Adiwiyata Dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa: Studi Kasus Di SMK Negeri 2 Semarang, Unnes Science Education Journal

Ellen Landriany. Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 1, Januari 2014; 82-88

Fauzi Setyobudi, Pendidikan lingkungan hidup diI SMP Negri I 3 Kebumen Jawa Tengah, JIPSINDO No. 1, Volume 5, Maret 2018

Fadila Azmi, Elfyetti. Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan, Jurnal Geografi Vol 9 No.2 (125-132)

Faizal Chan, Agung Rimba Kurniawan, Amalia Oktavia, Levy Citra Dewi, Arum Sari, Aisyah Putri Khairadi, Sulgi Piolita, Gerakan Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar Volume. 4, Nomor 2 Oktober 2019

Indah Kusuma Pradini, Bedjo Sujanto, Nurjannah, Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam peningkatan mutu Pendidikan di SDN 3 Kota Tangerang JGG- Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan Vol.7 No. 2 Desember 2018

J. Burnsa, H. Boogaard, S. Polusa, L.M. Pfadenhauera, A.C. Rohwerd, A.M. van Erp, R. Turleye, E.A. Rehfuessa, Interventions to reduce ambient air pollution and their effects on health: An abridged Cochrane systematic review, Environment International

Meirisa Dwi Riskina Studi Deskriptif Tentang Sikap Peduli Lingkungan Melalui Program Sekolah Adiwiyata di SMAN 2 Pamekasan Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 07 Nomor 01 Tahun 2019,

Mirza Desfandi, Enok Maryani, Disman, Implementasi Kebijakan Sekolah Berwawasan Lingkungan Sebagai Upaya Mengembangkan Literasi Ekologis Peserta Didik, SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4 (2), 2017

Putri Nilam Sari, Nofriya, Pembentukan Pribadi Peduli Lingkungan Hidup Menuju Sekolah Adiwiyata Pada SDN 05 Kampung Pisang Kecamatan IV Koto, Warta Pengabdian Andalas Vol 25 No. 2 Juni 2018

Ratih Sulistyowati Slameto Yari Dwikurnaningsih, Pengebangan model pembinaan sekolah imbas adiwiyata berbasis partisipasi, Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan, Volume: 4, No. 1, Januari-Juni 2017

Simon N. Jorgenson, Jennie C. Stephens & Beth White, Environmental education in transition: A critical review of recent research on climate change and energy education, The Journal of Environmental Education

Suci Purnama, Izhar Salim, Fatmawati, Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan OSIS Di SMA Negeri 9 Pontianak

Takarina Yusnidar, Dewi Liesnoor, Eva Banowati. Peran Serta Warga Sekolah Dalam Mewujudkan Program Adiwiyata Di SMP Wilayah Semarang Barat. Journal of Educational Social Studies 4 (1) (2015)

Ummi Nur Rokhmah, Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 13, No. 1, 2019




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.95-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ