KEPEMIMPINAN BERKEMAJUAN UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH BERPRESTASI (Studi kasus di SD Muhammadiyah Meruyung)
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan proses peningkatan prestasi SD Muhammadiyah Meruyung melalui manajemen kepemimpinan berkemajuan. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan kepemimpinan berkemajuan dapat mewujudkan SD Muhammadiyah Meruyung menjadi sekolah berprestasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh komponen aktif di lembaga SD Muhammadiyah Meruyung. Penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, berupa data–data dari subjek dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Untuk mempermudah pemahaman dalam mendeskripsikan data-data hasil tindakan sekolah, penulis menyajikannya dalam bentuk diagram. Setelah dilakukan dua siklus tindakan, terjadi peningkatan jumlah prestasi baik secara kuantitas maupun kualitas raihan prestasi yang diperoleh SD Muhammadiyah Meruyung. Peningkatan prestasi ini diukur dari jumlah, dan seluruh tingkatan ajang yang diikuti, oleh baik siswa maupun pendidik di SD Muhammadiyah Meruyung mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan siklus II, meskipun ada penurunan pada prestasi tingkat kecamatan, namun ada peningkatan kualitas prestasi yang dapat dilihat dari mulai diraihnya penghargaan prestasi pada tingkatan yang lebih tinggi, untuk tingkat kota dari 3 (tiga) prestasi menjadi 31 (tiga puluh satu) prestasi di siklus II. Yang juga cukup signifikan adalah raihan prestasi internasional yang pad siklus I belum bisa meraih apa-apa, namun pada siklus II memperoleh penghargaan dan prestasi internasional sebanyak 13 (tiga belas) penghargaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.
Bungin, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Daryanto. (1997) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Penerbit Rosda Karya.
Hadari Nawawi.2005.Penelitian Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada University Press.
http://news.detik.com/berita/2978177/konsep-islam-berkemajuan-kh-ahmad-dahlan-yang-diamini-soekarno
https://indonesiana.tempo.co/read/43802/2015/07/05/filepenting.1/islam-berkemajuan-maksud-dan-orientasinya
Ibrahim Bafadal. 2009. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Bumi Aksara. Jakarta
Kresnandito, Andhika Putra., & Fajrianthi. (2012). “Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Transformasional terhadap Perilaku Inovatif Penyiar Radio”.Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi. Vol. 1, No. 02.
Kuntowijoyo. 2000. Islam Murni dalam Masyarakat Petani. Jakarta : Balai Pustaka
Made Pidarta. 1997. Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia,
Moloeng, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja osdakarya
Nanus, B. (2001). Kepemimpinan Visioner : Menciptakan Kesadaran akan arah dan Tujuan di Dalam Organisasi. Alih Bahasa: Frederik Ruma. Jakarta: Prenhallindo.
Stephen Robbins. 2001. Perilaku Organisasi. PT Prenhalindo, Jakarta.
Suharsmi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta
Tim Depdiknas. Panduan Manajemen Sekolah.Jakarta : Depdiknas.
Tim.Panduan Manajemen Sekolah, 2000. Jakarta : Depdiknas.
Toha, Miftah. 1983. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : CV Rajawali.
DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.111-110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License