PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN PENERAPAN OPERASIONAL PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Miftahul Hudaa Depok)

Tismat Tismat, Margono Mitrohardjono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Miftahul Huda atas penerapan Total Quality Management  (TQM) dan didukung dengan penerapan dasar operasional pendidikan Islam di Madrahsah Aliyah Miftahul Huda Depok. Keberhasilan penerapan management mutu di Miftahul Huda Depok ditunjukkan oleh terus meningkatnya input MA Miftahul Huda Depok sampai melebihi kouta yang ditentukan, Demikian pula banyaknya output yang dihasilkan dalam bentuk prestasi yang dicapai oleh kepala sekolah, guru dan siswa, serta munculnya outcome yang memiliki daya  saing tinggi. Dengan menggunakan metode desktriptif kualitatif, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa keberhasilan peningkatan mutu pendidikan melalui TQM dan didukung oleh gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan proses dari atas ke bawah secara terbalik, komunikasi yang baik antar-stakeholder lembaga pendidikan, anilis swot, dan adanya pengukuran mutu pendidikan yang dilakukan secara terus-menerus baik internal maupun eksternal.

Keywords


Total Quality Management, Mutu Pendidikan, MA Miftahul Huda dan Operasional Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. Management Corporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Arifin,H.M. 1994, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama, Bulan Bintang, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Asmuni. “Konsep Mutu dan Total Quality Management dalam Dunia Pendidikan.” Ta’dib, XVIII no. 1 (Juni, 2013).

Darmadji. “Implementasi Total Quality Management sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN Model Yogyakarta.” El Tarbawaj Jurnal Pendidikan Islam I no. 2 (2008).

Derothea wahyu, Ariani. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: Proyek penelitian tinggi. Dikti Depdiknas, 2002.

Edward Sallis, 2012, Total Quality Management In Education: Manajemen Mutu Pendidikan , Irci. Sod, Yogyakarta

Gaspers. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2002.

Hasan, Muhammad. “Total Quality Mangement in Higer Education: A Review.” International Journal of Human Resource Studies 4 no. 3 (2014).

Husna, Aini. “Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dan Dampaknya di SD Budi Mulia Dua Sedayu Buntul.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 7 no. 1 (2014).

Jasuri. “Implementasi Total Quality Management Pada Kelas Internasional dan Akselerasi MTs. PMII Assalam Surakarta.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 no. 1 (2014).

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. Principle of Marketing. New York: Prentice Hall 11 th Edition, 2001.

Marno dan Triyo Supriyatno. Manajemen dan Kepemimpinan Islam. Bandung: PT Refika Aditama, 2008.

Minarti, Sri. Management Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2011.

Oakland, J.S. Total Quality Management: Text with Cases. Oxford: Routledge, 2003.

Parasuraman A, Leonard Berry, dan Valarie A. Zeithaml. “The Nature and Determinant of Custumer Expectations of Service.” Journal of the Academy of Marketing Science 21, (1993): 1-112.

Porter Michael, E. Competitive Strategy, Technique for Analyyzing Industries and Compotitors. New York: Mc Milan Publishing Co, 1991.

Ross, E. J. Total Quality Management. London. Kogan Page Ltd, 1994.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan., Bandung: Alfabeta, 2011.

Zubaedi, 2012, Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.7-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ