MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH MELALUI PEMBELAJARAN Al-ASMA’ AL-HUSNA DENGAN “METODE 2-2” (STUDI KASUS DI LAB SCHOOL FIP UMJ)

Andriyani Andriyani, Margono Mitrohardjono

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tanya jawab pada anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun. Berdasar hasil penelitian diperoleh data bahwa perolehan pra siklus diperoleh hasil hasil 60% meningkat pada siklus 1 sebesar 16% menjadi 79%, selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 26% menjadi 89%. Berdasarkan prosentase ketercapain dari penelitian ini, maka hipotesis dapat diterima. Jadi dapat di simpulkan bahwa melalui Al-Asma’ Al-Husna dapat memudahkan anak dalam mengenal sifat-sifat Allah pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Lab School FIP UMJ. Melalui penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa salah satu cara cepat mengenalkan sifat-sifat Allah yaitu melalui pembelajaran Al-Asma’ Al-Husna, dengan “Metode 2-2”.


Keywords


Sandpaper, Kemampuan mengenal sifat-sifat Allah

Full Text:

PDF

References


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikkan KB-Tk Lab School FIP UMJ TP 2019-2020.

Idrus H. (1065). Risalah Akbar Asma Al Husna, Pekalongan : CV Gunung Mas.

Abu Ghuddah, Abdul Fattah, (2012). 40 Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah, Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Hujjatul Islam Abn Hamid Al-Ghazali, (2002). Asmaaul Husna persepektif Al-Ghazali. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Krishna, Anad, (1999). Asmaul Husna 99 Nama Allah Bagi Orang Modern. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Syaikh Hasan Al Banna. (1987). Ilmu Tauhid (Matematika Iman). Surabaya : Al Ikhlas.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan dan R & D), Bandung: Alfabeta.

Bahar, Herwina. (2012). Pembelajaran Webbed Berbasis Al-Asm ̅A’ Al-Husna Dalam Pembentukan Karakter Di Labschool FIP UMJ

Trister Dodge, Diane. (2009). The Creative Curriculum for Preschool, Washington DC, Teaching Strategies.




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ