MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH MELALUI PEMBELAJARAN Al-ASMA’ AL-HUSNA DENGAN “METODE 2-2” (STUDI KASUS DI LAB SCHOOL FIP UMJ)
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tanya jawab pada anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun. Berdasar hasil penelitian diperoleh data bahwa perolehan pra siklus diperoleh hasil hasil 60% meningkat pada siklus 1 sebesar 16% menjadi 79%, selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 26% menjadi 89%. Berdasarkan prosentase ketercapain dari penelitian ini, maka hipotesis dapat diterima. Jadi dapat di simpulkan bahwa melalui Al-Asma’ Al-Husna dapat memudahkan anak dalam mengenal sifat-sifat Allah pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Lab School FIP UMJ. Melalui penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa salah satu cara cepat mengenalkan sifat-sifat Allah yaitu melalui pembelajaran Al-Asma’ Al-Husna, dengan “Metode 2-2”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikkan KB-Tk Lab School FIP UMJ TP 2019-2020.
Idrus H. (1065). Risalah Akbar Asma Al Husna, Pekalongan : CV Gunung Mas.
Abu Ghuddah, Abdul Fattah, (2012). 40 Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah, Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Hujjatul Islam Abn Hamid Al-Ghazali, (2002). Asmaaul Husna persepektif Al-Ghazali. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Krishna, Anad, (1999). Asmaul Husna 99 Nama Allah Bagi Orang Modern. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Syaikh Hasan Al Banna. (1987). Ilmu Tauhid (Matematika Iman). Surabaya : Al Ikhlas.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan dan R & D), Bandung: Alfabeta.
Bahar, Herwina. (2012). Pembelajaran Webbed Berbasis Al-Asm ̅A’ Al-Husna Dalam Pembentukan Karakter Di Labschool FIP UMJ
Trister Dodge, Diane. (2009). The Creative Curriculum for Preschool, Washington DC, Teaching Strategies.
DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.39-46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License