EFEKTIVITAS INTEGRASI KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi di SMP Daarul Qur’an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an)

Darul Qutni

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini mengetahui integrasi kurikulum dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Daarul Qur’an Internasional Tangerang dikembangkan dengan penyusunan kurikulum dan program-program kegiatan bagi peserta didik yang bermuatan karakter. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif tentang integrasi kurikulum dalam pembentukan nilai-nilai karakter peserta didik di SMP Daarul Qur’an Internasional Tangerang. Adapun hasil penelitian bahwa integrasi kurikulum di SMP Daarul Qur’an Internasional Tangerang dengan memadukan kurikulum nasional dan pesantren. Kurikulum yang dimaksudkan adalah sejumlah mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik di dalam kelas. Dimana di dalamnya muatan karakter yang terdapat dalam kompetensi inti 1 dan 2 yaitu aspek spiritual dan sosial. Sedangkan pada kurikulum pesantren terdapat mata pelajaran keislaman, pembelajaran tahfizh Al-Qur’an dan pembiasaan karakter-karakter dalam praktik sehari-hari di lingkungan pesantren.  Kata kunci; Integrasi Kurikulum, karakter, peserta didik

 


Keywords


Integrasi (tematik) kurikulum, karakter dan Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.103-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ