IMPLEMENTASI IOT PADA BIDANG PENDIDIKAN BERBASIS E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM
Abstract
Kemajuan teknologi memang tak dapat dipungkiri hal tersebut tentunya juga membawa pengaruh baik bagi bidang pendidikan. Sebagai seorang guru maupun tenaga pendidik lainya diharapkam mampu memberikan metode pembelaran yang berfariatif untuk mendongkrak motovasi belajar bagi peserta didik. Berbagai platform media berbasis digital telah berkembang pesat sebagai media pembelaran E-learning. Berbagai media E-learning telah banyak disediakan secara gratis maupun berbayar. Adapun salah satu platform yang menyediakan media pembelajaran IoT dengan E-learning adalah google. Google telah menyediakan berbagai fitur dalam bidang pekerjaan manusia contohnya pada bidang pendidikan atau edukasi. Adapun media tersebut disebut dengan google classroom. Ragam multimedia yang disediakan oleh google classroom tersebut dapat menyampaikan berupa pesan teks, grafik, audio, video, animasi secara terintegrasi, televisi interaktif, kelas virtual (pembelajaran yang dimediasi dengan komputer dan internet secara synchronous/real time dengan guru atau pengajar dan pembelajar tidak berada dalam sebuah tempat atau ruangan yang sama.
Full Text:
PDFReferences
Dr. Muhammad Rusli dkk. (2020).
Memahami E-learning. Yogyakarta:
Andi.
Alfonzo, P. (2016). Teaching Google
Scholar. American: Rowman &
Littlefield Publishers.
Dewi Salma Prawiradilaga dkk. (2016).
Mozaik Teknologi Pendidikan: ELearning. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Herawati, N. (2022, 10 10). Bussinestech.
Retrieved 06 2023, 16, from
Mengenal Aplikasi E-learning
Sebagai Tren Baru Pendidikan di
Indonesia:
https://www.hashmicro.com/id/blog
/e-learning-menjadi-trend-baruuntuk-pendidikan-indonesia/
Larry Bielawski dkk. (2003). Blended
Elearning Integrating Knowledge,
Perfomance, Support and Onlne
Learning. American: HRD Press.
Muhammad Rusli, dkk . (2020). Memahami
E-learning: Konsep, Teknologi dan Arah Perkembangan. Yogyakarta:
Andi.
Rabiah Adawi. (2022). Pembelajaran
Berbasis E-learning, 7-8.
Rais Tsaqif Yahya Al Hakim dkk. (2021).
Pembelajaran Online di Tengah
Pandemi Covid-19, Tantangan yang
Mendewasakan (Antologi Esai
Mahasiswa Pendidikan Bahasa
Inggris). Yogyakarta: UAD PRESS.
Rinaldi, M. (2021). sebuah Dedikasi Untuk
Negeri Di Masa Pandemi . Bandung:
LP2M UIN SGD Bandung.
Yang, N. (2020). ELearning for Quality
Teaching in Higher Education.
Singapura: Springer Nature
Singapore