MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK BELAJAR DARI RUMAH MELALUI KEGIATAN PUNCAK TEMA “TANAMAN ” DI TKQ AN-NAMLU KARAWANG
Abstract
Banyak tantangan yang dihadapi guru selama pembelajaran daring ini terlebih pada jenjang pendidikan anak usia dini. Salahsatunya tidak langsung berinteraksi dengan anak yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anak dalam menyelesaikan tugas sekolah. Peneliti menemukan pada pra obsevasi 18 % anak tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, 32 % tugas di kerjakan kan oleh orangtua, 10% anak tidak mengerjakan tugas sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi anak pada saat belajar dari rumah serta meningkatkan hasil belajar anak melalui kegiatan puncak tema “tanaman”. Kegiatan ini dirancang untuk menambah pengalaman yang beragam serta mengurangi pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja siswa pada saat kegiatan belajar dari rumah.Dalam kegiatan tersebut, anak yang awalnya kurang respon terhadap pembelajaran BDR menjadi bersemangat dalam pembelajarannya, sedangkan orangtua dapat terlibat dalam mendampingi anak sehingga menambah motivasi pada anak. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriftif, data yang diperoleh berupa dokumentasi pada saat kegiatan puncak tema ‘tanaman’ yang dilakukan selama kegiatan BDR berupa membuat dan menghias pot dari barang bekas serta menanam bibit pohon. Hasilnya ditemukan bahwa dari 15 anak atau 75% bertambahnya motivasi belajarnya sisanya 5 anak atau 25% masih membutuhkan bimbingan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yulianingsih dkk, 2021, Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19, DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.740
Al-Quran dan Terjemahnya, 2014, Departemen Agama Republik Indonesia, Fajar Utama Madani, Bandung, Hal 560.
Trisnawati, 2021, Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.710
Wardani, 2021, Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.705.
Fadlilah, 2021, Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.548.
Iftitah dkk, 2020, Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19, DOI: http://dx.doi.org/ 10.xxxxx
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung
Agustin dkk, 2021, Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.598
Zulfitria, 2017, Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran Untuk Anak Usia Dini, ISSN : 2580 – 4197
Rahmatunnisa, 2019, Kelekatan Antara Anak Dan Orang Tua Dengan Kemampuan Sosial, ISSN : 2580 – 4197 (Print) 2685 – 0281 (Online)
Fadilah, 2021, Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.548
Amirudin, 2021, Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar, DOI: https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37
Nirmala, 2015, Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatn Barang Bekas.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.1.33-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |