PEMANFAATAN GAME EDUKASI MARBEL ANGKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI

Sinta Miftakhul Janah, Dewi Ariyani

Abstract


Mengenalkan angka kepada anak khususnya usia dini memerlukan media pembelajaran sebagai jembatan supaya anak-anak tidak cepat bosan dan bisa fokus lebih lama serta mengalihkan perhatian anak. Untuk mengenalkan angka pada anak pada masa pandemi di era globalisasi ini, bisa dilakukan dengan game edukatif marbel angka berbasis android. Dengan adanya penelitian ini, tujuannya adalah untuk menjelaskan pemanfaatan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak usia dini dengan game edukasi berbasis android bernama marbel angka sebagai media pengenalan angka. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan jenis deskripsi kualitatif. Metode dalam mengumpulkan data dilakukan dengan 3 metode antara lain: 1) observasi (pengamatan) non partisipan, 2) wawancara (tanya jawab) tidak terstuktur, 3) dokumentasi. Sementara itu, analisis model Miles dan Huberman dilakukan sebagai teknik analisis data yang dibagi menjadi 3 rangkaian kegiatan, antara lain: reduksi data, penyajian (display) data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan bahwasanya dengan memanfaatkan permainan edukatif berbasis android bernama marbel angka ini dapat mengenalkan angka dengan melalui 3 tahapan. Pertama, pra pengenalan angka. Kedua, pelaksanaan pengenalan angka. Ketiga, pasca pengenalan angka. Penelitian ini juga memperlihatkan hasil bahwa terdapat kelebihan (manfaat) memanfaatkan permainan edukatif marbel angka berbasis android untuk mengenalkan angka pada anak antara lain mengembangkan kaingin tahuan juga kreativitas anak, dan menciptakan proses belajar yang menarik. Serta terdapat hambatan yaitu kurang mendukungnya smartphone yang digunakan dan kurangnya pendampingan pada anak.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2019. “Pemanfaatan Media Game Monopoli Ayo Mengaji Dalam Meningkatkan Gemar Mengaji Al-Qur’an”. Jurnal Penelitian. Vo. 13 (2), pp: 197-214.

Bahar & Risnawati. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Kabupaten Gowa”. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 9 (1), pp: 77-86.

Cahyaningtyas, Ailsa Salsabila. 2020. “Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia”. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 5 (1), pp: 20-37.

Defista, Dkk. 2020. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching”. Jurnal Kumara Cendekia. Vol. 8 (4), pp: 402-416.

Dewi, Kurnia. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1 (1), pp: 81-96.

Faliyandra, Faisal. 2019. Tri Pusat Kecerdasan Sosial Membangun Hubungan Baik Antar Manusia Pada Lingkungan Pendidikan Di Era Teknologi. Malang: Literasi Nusantara.

Hikmah, Yulial. 2020. “Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 26 (2), pp: 103-108.

Koriaty, Sri & Muhammad Dwi Agustani. 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak”. Jurnal Edukasi. Vol. 14 (2), pp: 277-288.

Martono, Kurniawan Teguh. 2015. “Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker”. Jurnal Sistem Komputer. Vol. 5 (1), pp: 23-30

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Mustafid, Dkk. 2014. “Game Edukasi Untuk Sosialisasi Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Semarang”. Riptek. Vol. 8 (1), pp: 33-48.

Nasikhah, Aryun Nailun. 2016. “Pengembangan Game Education Pembelajaran PPN Materi Menghargai Keputusan Bersama Kelas V SD”. Jurnal Kreatif. Vol. 7 (1), pp: 81-91.

Sayidah, Nur. 2018. Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vitianingsih, Anik Vega. 2016. “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini”. Jurnal Inform. Vol. 1 (1), pp: 1-8.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.2.24-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ