HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI BALOCCI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pola asuh orangtua di TK Pertiwi Balocci,serta mengetahui gambaran kecerdasan emosional anak usia dini di TK Balocci, dan selain itu mengetahui pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di TK Balocci. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan penelitian korelasional. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak/murid kelas kelas B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis bivariat penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecerdasan emosional anak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama tentang gambaran pola asuh yang terjadi di tk pertiwi balocci, faktor yang kudua tentang gambaran kecerdasan emosional anak usia dini di tk pertiwi balocci, dan faktor yang ketiga tentang hubungan pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di tk pertiwi balocci. Dimana pola asuh demokratis lebih kondusif dan efektif diterapkan kepada anak dalam membentuk karakter anak, dimana orangtua memberi dukungan dan perhatian kepada anak, dapat mengontrol anak dalam batasan-batasan tertentu, serta anak merasa lebih percaya diri terhadap keputusan dan perilakunya.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharmini, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Casmini. Emotional Parenting. (Yogyakarta :PilarMedika, 2007).
Dindin Jamaluddin. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam.(Bandung: CV Pustaka Setia, 2013).
Echols, John M dan Shadily, Hassan. Kamus Inggris Indonesia. (Jakarta: PT. Gramedia, 2003).
Fitriyani, Listia. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Peran Pola Asuh Orang Tua. 95, 99.
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 1.
Garungan, Psikologi Sosial, (Bandung: Rafika Aditama, 2004.
Goleman, Daniel. 2016. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
.
Gunarsa. Singgih. 2010. Psikologi Praktis Anak , Remaja, dan Keluarga.
Jakarta : PT PK Gunung Mulia.
H.A Rahmat Rosyadi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Konsep praktik PAUD Islam, (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2013).
Hurlock, B. Elizabeth. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. (Jakarta: Erlangga, 2008).
Indraswari, Lolita. 2012. Peningkatan perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mozaik di taman kanak-kanak pembina agam. Jurnal Pesona PAUD. Vol 1, 1-13.
Marlina, Ike. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V SD Segugus II Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru.Yogyakarta.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional,(Jakarta: Bumi Aksara, 2011), Cet1.
Maarif, Nina. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. 35, 37.
Muamanah, Siti. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan SosialEmosionalAnakUsia4-Volume, No, Bulan, Tahun
TahunDiDesaBandarAbungKecamatan Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.Lampung.
Nur Istiqomah Hidayati, “Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD”, (Jurnal Psikologi Indonesia Vol 3 No 1, Januari 2014).
Nurjannah, Siti. 2017. Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Desa Adi Karya Mulya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji Tahun 2017. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Metro.
NurulZuriah.MetodologiPenelitianSosialdanPendidikanTeori dan Aplikasi.
(Jakarta: BumiAksara,2009).
Papalia, Diane E,dkk, Human Development (Psikologi Perkembangan), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010).
Purwanto. Metodelogi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. (Yogyakarta: Pustaka Belajar,2012).
Putri, Astrid. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Dharma Wanita Ngawi.
Salovery dan Mayer dalam Casmini, Emotional Parenting, (Yogyakarta: P_idea, 2007).
Suyadi, Psikologi Belajar PAUD, (Yogyakarta: Bintang Pusaka Abadi, 2010). Sugihartono, dkk. (Psikologi Pendidikan. (Yogyakarta: UNY Press, 2007).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2011).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2016).
Syaiful Bahri Djamarah, Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga Upaya Membangun Citra Membentuk Anak, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014).
ZainalAqib,BelajardanPembelajarandiTamanKanak-Kanak,(Bandung:Yrama Widya,2009).
Zainal Arifin. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. (Bandung: PT. RemajaRosdakarya,2012).
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.2.33-40
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |