METODE LATIHAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DI TK AR-RAHMAN

Khadijah Khadijah, Ahsana Zaida Qolbi, Widya Sari Nasution, Yassinta Amarisa, Zahra Afifah

Abstract


Dalam Penelitian ini membahas tentang bagaimana metode latihan dan pembiasaan dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal yang dilakukan dengan hasil data pengamatan dimana menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal sangat identik dengan kemampuan pengelolaan dalam diri seseorang baik itu kekuatan dan keterbatasan diri, suasana hati, disiplin diri dan menghargai diri. Dalam pembahasan metode latihan dan pembiasaan dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal ini terdapat pembiasaan-pembiasaan terhadap suatu nilai yang sangat penting dalam pembelajaran anak usia dini. Dimana kebiasaan seperti ini akan menumbuhkan moral feeling pada diri anak terkait rasa cinta kasih dengan teman, dengan guru, maupun yang lainnya. Dengan demikian kecerdasan intrapersonal ini sangat bermanfaat untuk anak usia dini dimana hal ini dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan anak tersebut dan dapat menghasilkan barang atau jasa yang berguna dalam berbagai aspek kehidupan anak tersebut. Jadi, apabila kecerdasan ini tidak dikembangkan pada saat usia dini maka akan timbul masalah dalam kehidupannya dimiliki oleh kelak. Adapun metode penelitiannya menggunakan metode observasi. Yang dilakukan dengan cara mengamati aktivitas guru dan siswa selama pemberian tindakan dalam kecerdasan intrapersonal yang dimiliki oleh anak baik sebelum maupun sesudah pemberian tindakan. Dari hasil penelitian ini peneliti menarik kesimpulan dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal pada anak yang mengikutsertakan anak dalam segala bidang pembelajaran serta selalu memotivasi anak dan memberikan semangat kepada anak melalui metode latihan yang akan diajarkan oleh guru tersebut..

Keywords


Kecerdasan intrapersonal, metode intrapersonal, pendidikan anak usia dini, metode latihan intrapersonal

Full Text:

PDF

References


Ikasari, M. N. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran di TA Al-Mannar Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 81–99. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2144

Pasaribu, T. U. (2018). Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 6 Kota Jambi. Jurnal Uni, 1–27. https://repository.unja.ac.id/4917/

Reudeup, G., Montasik, K., & Besar, A. (2019). 1 , 2 , 3. 4(1), 9–20.

Wicaksana, A. (2016a). 済無No Title No Title No Title. Https://Medium.Com/, April. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wicaksana, A. (2016b). 済無No Title No Title No Title. Https://Medium.Com/, 1–20. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.2.47-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ