PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI BIMBA AIUEO UNIT ALINDA BEKASI UTARA
Abstract
AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara. Kemampuan membaca permulaan siswa yang diberi
stimulasi membaca (mean skor = 47,80) lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak
menerima stimulasi membaca (mean skor = 41,67). Berdasarkan hasil ini berarti media kartu kata bergambar dapat menjadi alternatif pengajaran membaca permulaan untuk diterapkan secara praktis di PAUD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Syaikh. Taisir Al Karimir Rahman fii
Tafsiril Kalamil Mannan. Bandung: Muassasah Ar
Risalah. 2002.
Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. Optimalisasi
Media Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia. 2007.
Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip,
Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Crain, William. Teori Perkembangan Konsep dan
Aplikasi. Alih Bahasa Yudi Santoso.
Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2007.
Chaer, A. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta:
Rineka Cipta. 2003.
Dardjowidjojo, Soenjono. Psikolinguistik:
Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta:
Yayasan Obor Indonesia. 2003.
Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang
Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Depdiknas. 2009.
Depdiknas. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Nurbiana, dkk. Metode Pengembangan
Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka. 2005.
Doman, Glenn dan Janet. How to Teach your Baby
to Read. Jakarta: PT Tigaraksa Satria. 2006.
Ghozali, Imam. Statistik Nonparametrik: Teori dan
Aplikasi dengan Program SPSS. Semarang: Badan
Undip. 2002.
Goodchild, Rachel. Teaching Children The Joy of
Reading. Jakarta: PT Gramedia. 2004.
Grainger, J. Problem Perilaku, Perhatian, dan
Membaca pada Anak: Strategi Intervensi Berbasis
Sekolah. Jakarta: Grasindo. 2003.
Gujarati, Damodar N. Dasar-dasar Ekonometrika.
Jakarta: Erlangga. 2007.
Hariwijaya, M. dan Atik Sustiwi. Pendekatan
Tematik Super Kreatif Bagi Anak Prasekolah.
Yogyakarta: Mitra Buku. 2013.
Hariyanto, Agus. Membuat Anak Anda Cepat Pintar
Membaca. Yogyakarta: DIVA Press. 2009.
Hartati, Sofia. Perkembangan Belajar pada Anak
Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. 2005.
Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian dengan
Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.
Hurlock, Elizabeth B. Developmental Psychology.
Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentangan Kehidupan. Edisi Kelima.
Alih Bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo Jakarta:
Erlangga. 2002.
Idi, Abdullah dan Toto Suharto. Revitalisasi
Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana. 2006.
Indriana, Dina. Ragam Alat Bantu Media
Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press. 2011.
Ismail SM. Paradigma Pendidikan Islam.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo
Semarang dan Pustaka Pelajar. 2001.
Jamaris, Martini. Perkembangan dan
Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak:
Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta:
Grasindo. 2006.
Kurnia, Rita. Metodologi Pengembangan Bahasa
Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani. 2009.
Munadi, Yudhi.Media Pembelajaran, sebuah
Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada. 2008.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2005.
Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat dan
Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.
Nurhadi. Membaca Cepat dan Efektif. Malang: Sinar
Baru Algensindo. 2005.
Nurhasanah dan Didik Tumianta. Kamus Besar
Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD dan SMP.
Jakarta: PT Bina Sarana Pustaka. 2007.
Padmonodewo, Soemiarti. Pendidikan Anak
Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
Pusat Pengembangan Profesi Pendidikan.
Keterampilan Membaca. Jakarta: BPSDMPK dan
PMP. 2012.
Rahadi, Aristo. Media Pembelajaran. Jakarta:
Depdiknas Dirjen PDMDTK. 2003.
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah
Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.
Sadiman, Arief S, dkk. Media Pendidikan,
Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003.
Santosa, Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa
Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.
Santrock, John W. Life Span Development,
Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik. Pendidkan
Anak Usia Dini Menyiapakan Anak Usia Tiga,
Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah.
Jakarta:Macanan Jaya Cemerlang. 2008.
Shihab, M. Quraish.Membumikan al-Qur’an: Fungsi
dan Peranan Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat.
Bandung: Mizan. 2008
Siskandar. Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta:
Fasilitator. 2009.
Sobur, Alex. Psikologi Umum.Bandung: Pustaka.
Solehuddin, dkk. Pembaharuan Pendidikan
TK.Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2011.
Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan
Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. 2009
Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean
Piaget. Yogyakarta: Kanisius. 2003.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini
Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta:
Kharisma Putra Utama. 2011.
Suyanto, Slamet. Konsep Dasar Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan
Tinggi. 2005.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.1.21-26
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |