MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA UJARAN ANAK USIA 4- 5 TAHUN MELALUI METODE QIRAATI (Di RA Raudhatul Muthmainnah, Cikarang Barat, Bekasi)

Hidjanah Hidjanah, Adiyati Fathu Roshonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Metode Qiraati mampu meningkatkan kemampuan bahasa ujaran anak usia 4-5 tahun. Penelitian dilaksanakan di kelompok A Raudhatul Athfal Raudhatul
Muthmainnah Cikarang Barat Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di Raudhatul Athfal Raudhatul Muthmainnah Cikarang Barat Bekasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, catatan lapangan dan dokumentasi yang dilakukan dalam setiap siklus. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan
pada kemampuan bahasa ujaran anak usia 4-5 tahun setelah diberikan tindakan sebanyak dua siklus. Peningkatan kemampuan anak terlihat dari data hasil persentase disetiap siklus, hasil persentase di pra siklus sebesar 27%. Persentase pra siklus rendah karena belum diberikannya kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan metode qiraati. Hasil persentase pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 59,75%, hal ini karena sudah menggunakan metode qiraati, namun belum secara maksimal menguasainya. Dan hasil persentase pada siklus II menjadi sebesar 87,75% karena anak sudah terbiasa dengan metode qiraati yaitu
mengucapkan dengan lancar, cepat, tepat dan benar tanpa dieja. Implikasi dari penelitian ini adalah pemilihan metode yang tepat oleh masyarakat dan sekolah dalam pengajaran bahasa ujaran akan sangat memberikan hasil yang optimal dalam kemampuan bahasa ujaran anak usia dini. Sehingga pembelajaran
bahasa ujaran untuk tingkat selanjutkan akan lebih mudah dan tidak ada lagi penggegasan kepada anak usia dini dalam pembelajaran bahasa ujaran, khususnya dalam pengajaran membaca.

Keywords


Kemampuan Bahasa Ujaran, Metode Qiraati

Full Text:

PDF

References


Al-Jumanatul‟Ali, Mushaf Al Quran Terjemah, QS.

An Nahl ayat 78, Solo, Syamil, 2009.

Aisyah, Siti, Perkembangan dan Konsep Dasar

Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta, Universitas

Terbuka, 2008.

Arikunto, Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan

Kelas, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2008.Departemen

Pendidikan Nasional, Pedoman Pembelajaran di

Taman Kanak-Kanak, Direktorat Jenderal

Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah,

Jakarta, 2006.

Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman

Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di

Taman Kanak-Kanak, Buku 2, Jakarta, 2007.

Departemen Agama RI, Mushaf Al-Qur’an

Terjemah, Jakarta, Al-Huda, 2005.

Dimyati, Johni, Metodologi Penelitian Pendidikan &

Aplikasinya, Jakarta, Kencana, 2013.

Dinamika, Jurnal Ilmiah, Media Interaksi dan

Edukasi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Muhammadiyah Jakarta, Program Studi PG PAUD,

Jakarta, 2011.

Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dengan

Politani Negeri Lampung, Modul Perkembangan

Peserta Didik, Jakarta, Penerbit FT.UNJ, 2012.

Heri Hidayat, Heri, Aktivitas Mengajar Anak TK,

Bandung, CV. Jasa Grafika Indonesia, 2007.

Iskandar, Penelitian Tindakan Kelas, Ciputat, GP

Press Group, 2012.

Jamaris, Martini, Perkembangan dan

Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak,

Jakarta, Program Pendidikan Usia Dini PPS

Universitas Negeri Jakarta, 2003.

Kusnandar, Penetlitian Tindakan Kelas, Jakarta, PT.

Raja Grapindo Persada, 2008.

Keraf, Gorys, Komposisi: Sebuah Pengantar

Kemahiran Bahasa, Semarang, Bina Putra, 2004.

LN, Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan

Anak & Remaja, Bandung, PT.Remaja Rosdakarya,

Mutiah, Diana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini,

Jakarta, Kencana, 2010.

Nazir, Moh., Metode Penelitian, Ghalia Indonesia,

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI,

“Undang - Undang No. 19 Tahun 2005 pasal 19,”

Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, 2011.

Peraturan Menteri 58 Pendidikan Nasional RI,

“Standar Pendidikan Anak Usia Dini,” Kementerian

Pendidikan Nasional, Jakarta, 2011.

Papalia, Diane E, dkk., Human Develoment, Jakarta,

Prenada Media Group, 2008.

Prasetyono, Dwi Sunar, Rahasia Mengajarkan

Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini,

Yogyakarta, Think, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.1.47-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ