PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PANJANG TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI KB AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Roudlatul Ni’mah, Senny W.D Saputri, Aisyah Nur Atika

Abstract


Kemampuan sosial yaitu suatu cara untuk melatih kepekaan diri pada anak terhadap interaksi sosial dengan tekanan dan tuntutan dalam proses belajar bersosialisasi seperti bertingkah laku orang lain di lingkungan sosialnya. Pada paud Al-Irsyad Al-Islamiyyah terdapat anak yang menampakkan perilaku sosial kurang optimal. Hal ini dibuktikan saat bermain dan saat pembelajaran berlangsung, anak cenderung main sendiri, anak memilih diam ketika pembelajaran berkelompok, anak suka mengganggu temannya. Ketika diberi tugas oleh guru bahkan mereka berjalan mondar-mandir, ada yang berlarian di dalam kelas. Rumusan permasalahan pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh permainan tradisional Ular Naga Panjang terhadap kemampuan interaksi sosial anak di KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember tahun ajaran 2022/2023?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pola One Group Pretest Posttest. Subyek pada penelitian ini anak usia 3-4 tahun, waktu pelaksanaan penelitian ini yatiu 10 hari. Populasi pada penelitian yang digunakan yaitu anak KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember berjumlah 14 anak. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 25.0 dengan rumus Wilcoson Signed Ranks Test. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan, didapatkan hasil berupa positif ranks sebesar 105,0 serta signifikan senilai 0,001. Dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka bisa diketahui bahwa menerima Ha dan menolak H0. Maka, berdasar uji hipotesis menerangkan bahwa penggunaan treatment permainan Ular Naga Panjang berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial anak di KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah.

 


Keywords


Permainan tradisional ular naga panjang, Kemampuan Interkasi sosial

Full Text:

PDF

References


Fadillah, M.2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: KENCANA.

Fadillah, M. 2019. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Prenadamedia.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Khofifah, Barokah. 2022. Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Panjang Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Baiti Jannati. Jurnal Pendidikan Anak. 10. (14).

Masyhud, M. S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen Dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Masitoh. 2011. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyani, M. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta. DIVA Press.

Musfiroh, T., dan S. Tumaningsih. 2015. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustaka Karya.

Nugraha, A., dan Y. R. Rachmawati. 2011. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nomor, U. U. R. I. (20). Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Nopilayanti, A., W, dan A. O. Negara. 2019. Penerapan Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok A TK Raisma

Putra Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Ganesah. 14(02): 03-04

Nurhayati, H. 2020. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter. Karakter. No. 2 dan 4.

Perdani, P. A. 2013. Peningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suhartiwi. 2017. Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Kegiatan Bermain Peran dan Layanan Bimbingan Kelas. Jurnal PPKN dan Hukum. Vol. 12(No.2): 54-65.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suryadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakrya. The Jurnal Art Education.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini Konsep Dan Teori. Jakarta: Sinar Grafik Offset.

Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. 2011. Format Paud. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.1.53-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ