ANALISIS NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM SERIAL KARTUN UPIN DAN IPIN

Annisa Novia Safitri, Ega Asnatasia Maharani

Abstract


Serial kartun yang memiliki unsur nilai keislaman sangat penting untuk perkembangan anak dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman sejak usia dini. Berdasarkan fakta tersebut tujuan penelitian ini adalam untuk menemukan nilai-nilai keislaman yang berada dalam serial kartun Upin dan Ipin episode dugaan puasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan menganalisis nilainilai

keislaman dalam serial kartun Upin dan Ipin episode dugaan puasa. Pengumpuan data menggunakan Teknik analisis isi dengan subjek serial kartun Upin dan Ipin. Dalam penelitian ini akan menganalisis 6 bagian dari episode “Dugaan Puasa” objek yang ditentukan adalah nilai-nilai keislaman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Peneliti menemukan bahwa terdapat nilai keislaman yang terkandung dalam serial kartun Upin dan Ipin episode “Dugaan Puasa’ melalui dialog dan adegan-adegan di serial kartun tersebut. Nilai-nilai keislaman ini meliputi nilai Ibadah, nilai Aqidah, dan nilai Akhlak. Nilai keislaman yang dominan muncul dalam serial kartun ini nilai Ibadah yang dibuktikan dengan penyebutan kata ibadah yang lebih banyak dibandingkan dengan nilai keislaman lainnya


Full Text:

PDF

References


Arifiyanti, N. 2020. Program Pembelajaran Melalui Televisi di PAUD.

Jurnal Al Athfal,3(1),1-13.Diunduh12Desember2021,dari https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.p hp/Al_Athfal/article/view/150

Artha, J. D. 2016. Pengaruh Pemilihan Tayangan Televisi terhadap

Perkembangan Sosialisasi Anak. Jurnal EduTech, 2(1), 19-26. Diunduh 12

Desember 2021, dari http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/573

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar. 2011. Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Asma’ Wa Al- Shifat

Menurut Shalih Bin Fauzan Bin Abdullah Al-Fauzan (Telaah Dalam Kitab Al-Tauhid Li Al-Shaff Al-Awwal Al-‘Ali

Fi Al-Ma’ahid Al-Islamiyah). Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Baharuddin & Wahyuni, N. E. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Dewi, T.F.C.H. 2021.Teknik Penyampaian Pesan Moral Anak Usia

Dini Yang Dilakukan Oleh Pendongeng. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri, Purwokerto.

Eriyandi, D. 2006. Pembahasan Novel dan Film Ekranisasi di Nusantara.Bandung: CV Gaza Publishing.

Eriyanto, Analisis Isi Pengantar Metodelogi Untuk Penelitan Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Kencana,2015) hal. 11.

Irfan, M., Saktiyanti, R., Jahja 2006. Menilai Tanggung Jawab Sosial Televisi. Depok: Piramedia.

Iskandar. 2015. Pustakawan Madya Universitas Hasanuddin. Nilai-nilai Pendidikan Islam Di Perpustakaan: Sebuah Pemikiran, 20-32.

Y. 2019. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Serial Anak Upin dan Ipin Season ke-10. Jurnal Tarbiyah al-Aulad, 4(1), 57-86. Diunduh 26 November 2021, dari https://risetiaid.net/index.php/TA/article/view/418

Kusuma, E. D. 2010. Film Kartun Upin dan Ipin dalam Proses Sosialisasi Nilai.

Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Ma’arif, A. M. 2017. Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Islam di

Sekolah/Madrasah. Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 271-290. Diunduh 12 Desember 2021, dari http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/download/90/58




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.2.137-145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ