IMPLEMENTASI KEGIATAN OUTBOUND DALAM PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

Yoga Aditia Ragil, Dillo Augustdi Putra

Abstract


Penelitian in bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan implementasi kegiatan outbound dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Sekolah Alam Madinah. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualiatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik perpenjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi,
dan member check. Temuan hasil penelitian in menunjukkan bahwa: materi kegiatan outbound yang diberikan kepada anak, tidak hanya dapat mengembangkan perkembangan fisik saja, anak tetapi juga dapat mengembangkan kepercayaan diri anak, hal in dibuktikan dengan hail pengamatan mengenai Implementasi kegiatan outbound dalam pembentukan kepercayaan dir anak usia 5-6 tahun di Sekolah Alam Madinah serpong, Tangerang Selatan.


Full Text:

PDF

References


Amelia, Z., & Razahra. (2020). Proses Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun Dalam. 4(1), 18–33.

Ardiansyah. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 1, 1–9.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Diana, D., Salasiah, S., & Fatah, M. A. (2020). Pengembangan Karakter Diri Melalui Kegiatan Outbound Pada Santri Rumah Tahfidz Nur Fadhillah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 25. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3821

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view392

Fasha, A. K. (2015). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Di Kecamatan …. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 1–8. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.8728

Humayrah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bermain Model “ASYIK” untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Melalui Kegiatan Outbound di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 46 Daun. Jurnal Pendidikan Dan Pelajaran, 3(3), 579–588. http://jurnaledukasia.org

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Nasution, A. F. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. In M. Albina (Ed.), CV. Harfa Creative (Vol. 6, Issue August).

Nugraha, M. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Nurasyiah, R., Asmawati, L., Fadlullah, & Cucu, A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 17–34. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.9287

Prasetio, P. A., Nugraha, F. F., & Praramdana, G. K. (2023). Pengembangan ekowisata melalui peningkatan kemampuan fasilitator outbound di Desa Cihaur Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Abdimas Siliwangi, 6(1), 129–137. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/14457/4113

Prastyani, A. (2003). HUBUNGAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE OUTBOUND KELOMPOK B DI TK SETYO BUDI 1 KETANJUNG DEMAK. 1–8.

Rainer Gottlieb, U., & Beatson, A. (2023). Why confidence leads to swifter tertiary education choices: A qualitative study of the international tertiary education industry of Australia. Heliyon, 9(6), e17484. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17484

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935

Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40

Sobah, A., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Outbound Anak Usia Dini Di TK Roudlotul Ilmi Jatibarang Brebes. Jurnal Pendidikan, 31(1), 37. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2023

Su, J., Ng, D. T. K., & Chu, S. K. W. (2023). Artificial Intelligence (AI) Literacy in Early Childhood Education: The Challenges and Opportunities. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4(October 2022), 100124. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100124

Susari, Dwi, H. (2011). Implementasi kegiatan outbound dalam upaya pembentukan sosial perilaku sosial dan emosional anak usia dini. Pendiidkan Dasar Dan Pembelajaran, ISSN: 2528, 121–141.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Warsono, S. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 49–59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.2.173-182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ