MODEL PEMBELAJARAN SIUUL DALAM MENSTIMULASI KOSA KATA ANAK
Abstract
Penelitian ini didasari oleh salah satu permasalahan pendidikan saat ini, yaitu pembelajaran yang kurang berkembang dapat membantu semua anak mengembangkan kemampuannya dan mendorongnya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keberhasilan implementasi model Simak Ucap Ulang (SIUUL) dengan tujuan untuk menambah penguasaan kosa kata baru pada anak. Adapun proses menyimak dalam pada anak usia dini antara lain : pada masa kanak-kanak meliputi: 1) mendengarkan dengan penuh perhatian, 2) mengamati setiap gerak-gerik pembicara, 3). Cobalah mengingat untuk memahami, 4). Memahami makna yang diberikan, 5). Mengidentifikasi makna, 6) upaya untuk melakukan 7). Pengulangan. Subyek penelitian adalah siswa kelompok A di RA Istiqlal Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SIUUL dapat menambah penguasaan kosakata baru di RA Istiqlal Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507
Agama, I., Negeri, I., Tinggi, S., Syariah, I., & Asy, F. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Matlani Aan Yusuf Khunaifi Pendahuluan Semakin majunya perkembangan zaman telah merubah pola hidup. 13, 81–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i2.972
Anggraini, V. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Atmadja, N. B. (2018). Saraswati dan Ganesha Sebagai Simbol Paradigma Interpretativisme dan Positivisme. El-Afkar, 7(1), 69–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588
Budiarti, E., Farista, D., Palupi, D. I., Wonga Wara, L., Rubiah, S. A., & Harti, U. (2022). Storytelling One Day One Book Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(12), 1091–1101. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i12.1405
Budiarti, E., M.A, D., Aljufry, L., Purwaningsih, S. J., & Gustina, H. (2023). Problematika Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di Lembaga Raudhatul Athfal. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i1.1509
Budiarti, E., & Yasmin Adar, S. (2023). Impact of Digital Media on Social-Emotional Development in Early Childhood: A Case Study at TK Kartika XX-46 Kendari. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(2), 89–98. https://doi.org/10.14421/jga.2023.82-04
Chamidah, A. N. (2009). Pentingnya Stimulasi Dini Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak. Tumbuh Kembang Dan Kesehatan Anak, 1–7.
Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646–2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737
Djuwita, W. (2018). Urgensi Bermain Sebagai Stimulasi Perkembangan Otak dan Solusi Mengatasi Kekerasan (Child Abuse) dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Qawwam, 12(1), 40–60. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.750
Farda, U. J. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Mempermudah Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. In Magistra Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman. https://doi.org/10.31942/mgs.v7i1.1986
Fatimah, A., Mahmudah, E., Herawati, H., Febrianti, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Pengembangan Kosa Kata Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bernyanyi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3877–3884. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2107
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122
Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Mailinda, A. T., Setyaningsih, W., & Putra, S. P. (2022). Hubungan antara Perkembangan Bahasa dengan Kemampuan Interaksi Sosial pada Down Syndrome di Malang. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i1.1
Munani, M., Stiani, D., Alfiah, N., Rosilah, R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3092–3098. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1955
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nasir, A., & Basit, M. A. (2021). Ta’lîm Al-Mufradât Al-’Arabiyyah ’Alâ Tharîqati Al-Istidzkâr Mnemonic Lil Al-Kalimât Al-Miftâhiyyah. In Alibbaa Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.19105/alb.v2i1.3944
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pebriana, U., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sdn Pejok Ii Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.766-772
Puspitasari, I., Watini, S., Panca, U., Bekasi, S., Panca, U., & Bekasi, S. (2022). 87-Article Text-231-1-10-20220730. 3(2), 221–233.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). Gerak Dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 321–330. https://doi.org/10.21009/jpud.122.13
RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467
Rohayati, R., & Budiarti, E. (2022). Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1715. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1715-1724.2022
Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256
SANGID, A., & MUHIB, M. (2019). Strategi Pembelajaran Muhadatsah. Tarling : Journal of Language Education, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2226
Shofa, S., & Watini, S. (2023). Penerapan Model SIUUL dalam Meningkatkan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus dalam Kemampuan Berbicara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6994–6999. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2844
Solichah, A. S., Alwi, W., Anshoruddin, A., & Alam, M. (2021). Anak Usia Dini dalam Tinjauan Neuroscience dan Al-Qur’an. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.267
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
Suprapto, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Pada Hotel Mahkota Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(3), 1049. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.271
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Watini, S. (2019a). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani
Ulfadhilah, K., Kunci, K., Pembelajaran Efektif, M., Pandemi, M., & Usia Dini, A. (n.d.). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MASA PANDEMI PADA ANAK USIA DINI. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan anak usia dini , 5(1), https://doi.org/10.24853/yby.5.1.1-17
Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Watini, S. (2019b). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899
Watini, S. (2022). Model SIUUL. EC00202276416.'
Yogaswara, A. (2019). Hakikat Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 13(2), 185. https://doi.org/10.36667/tf.v13i2.3732.373
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.1.14-22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |