KESIAPAN MAHASISWA CALON GURU PAUD DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KEGIATAN MICROTEACHING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyani, N. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini ”Merdeka Belajar” Di Era Belajar Di Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1876
Aisyah, F., Anisah, A., Maisa, M. S. H., Zul, F. L., & Inom, N. (2023). Persepsi Guru Terhadap Perubahan Kurikulum Merdeka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 20–28. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i1.2961
Al Afifah, L., Yuliati, N., & Atika, A. N. (2023). Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 157–166. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.157-166
Aminah, S., & Nursikin, M. (2023). Tugas Guru di Kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Islam. Journal on Education, 5(4), 12710–12719. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2259
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Darmayani, E., & Amelia, M. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pola Belajar Di TK Ceria Demangan. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 146–156. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.146-156
Elok, D. P., Beti, I. S., & Tyas, D. (2023). Analisis Kebutuhan Modul Ajar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD
Muhammadiyah 03 Assalaam. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3377–3393. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10393
Enjelli, H., & Delvyn, P. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2), 394–408. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/617
Fitriyah, & Moh, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 67–73. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1568
Herniawati, A. (2023). Metode Bermain: Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Intisabi, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.2
Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6–11. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645
Ismayati, M., Eca, G. M., & Putri, O. (2023). Problematika Guru PAUD dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Tarbiyah Journal: Journal Of Teaching And Educational Sciences, 1(2), 1–11.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Kaenah, W. F., & Utami, S. Y. (2023). Permasalahan Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (Studi Kasus Pada Sebuah Sekolah PAUD Di Serang). Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 69–81. https://doi.org/10.24853/yby.7.1.69-81
MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534
Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (S. yayat (ed.); 2nd ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.
Muhammad, S. Z., & Muhammad, N. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 328–334. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2384
Munawarah, Chairun, N. F., Juniara, F. C., & Santika. (2023). Telaah Ragam Kurikulum Pendidikan Guru Paud Berbasis Kkni dan Mbkm. Bale Riset Rinjani Jr-PGSD: Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15.
Ngaisah, N. C., * M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1–25. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Ni Nyoman, K. W., & L. Heny, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdeferensiasi pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Seririt, Buleleng. EDUCEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.55115/educemara.v1i1.3009
Nurcahyono, N. A. (2023). Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5308
Nurjanah, A., Munastiwi, E., & Azizah, S. N. (2023). Manajemen Soft Skill Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran di Paud. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 29–43. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15486
Nurul, A., & Lilik, S. H. (2023). Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. JDIMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(2), 49–54.
Pramana, D., & Ismail, I. (2023). Konsep Sunnah Nabawiyah dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 133–150. https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.20323
Pratesi, P. C. (2018). Persepsi Guru Paud Terhadap Faktor-Faktor Yang Menghambat Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Paud Se-Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2849
Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043
Sianturi, R., Nurlina, D., & Nurpadila, S. (2023). Keterampilan Kepemimpinan Dapat Meningkatkan Sinergitas Kerja Sesama Guru. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 167–172. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.167-172
Siti, N. L., Sairul, B., & Sugiarto. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 1–8. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/demo3/article/view/1677/
Titania, W. P. P. (2020). Merdeka Belajar Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. In N. H. Yulingga (Ed.), Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara (pp. 76–86). Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362
Trifosa, E. P., Welly, E. A., Rina, P., Rais, L., & Marcelino, J. S. (2023). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan DIDAXEI , 4(1), 524–535.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197
Yatmi, P., M. Syahruddin, A., & Yul Alfian, H. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Journal on Education, 6(1), 9232–9244.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.107-118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |