KESIAPAN MAHASISWA CALON GURU PAUD DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KEGIATAN MICROTEACHING

Nur Farida, Pamungkas Stiya Mulyani

Abstract


Mencetak guru Pendidikan Anak Usia Dini yang profesional dan kreatif dimulai sejak mereka menjadi mahasiswa, kegiatan microteaching merupakan kristalisasi dari matakuliah pembelajaran yang mahasiswa tempuh selama perkulihan. Pembelajaran berdiferensiasi  kurikulum merdeka harus mencangkup aspek konten proses dan produk yang harus dapat diwujudkan oleh mahasiswa calon guru Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat proses kegiatan microteaching yang dilakukan pada mahasiswa calon guru program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, serta dampak yang terjadi dengan melakukan observasi awal di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini sebelum melakukan praktik microteaching dan penyusunan modul ajar yang dilakukan secara bersama dengan bimbingan langsung oleh Dosen Pembimbing. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan informasinya menggunakan observasi dan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 (dua puluh empat) Mahasiswa yang berasal dari dua kelompok microteaching yang dibagi secara acak oleh Fakultas. Hasil penelitian menunjukan kegiatan microteaching dapat membentuk mahasiswa calon guru Pendidikan Anak Usia Dini mampu mempraktikan pembelajaran berdiferensisasi sesuai amanat kurikulum merdeka baik dari aspek konten, proses dan produknya serta terwujunya profil pancasila pada peserta didik.

Keywords


Mahasiswa; Guru PAUD; Diferensiasi; Microteaching.

Full Text:

PDF

References


Adnyani, N. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini ”Merdeka Belajar” Di Era Belajar Di Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1876

Aisyah, F., Anisah, A., Maisa, M. S. H., Zul, F. L., & Inom, N. (2023). Persepsi Guru Terhadap Perubahan Kurikulum Merdeka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 20–28. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i1.2961

Al Afifah, L., Yuliati, N., & Atika, A. N. (2023). Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 157–166. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.157-166

Aminah, S., & Nursikin, M. (2023). Tugas Guru di Kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Islam. Journal on Education, 5(4), 12710–12719. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2259

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Darmayani, E., & Amelia, M. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pola Belajar Di TK Ceria Demangan. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 146–156. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.146-156

Elok, D. P., Beti, I. S., & Tyas, D. (2023). Analisis Kebutuhan Modul Ajar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD

Muhammadiyah 03 Assalaam. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3377–3393. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10393

Enjelli, H., & Delvyn, P. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2), 394–408. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/617

Fitriyah, & Moh, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 67–73. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1568

Herniawati, A. (2023). Metode Bermain: Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Intisabi, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.2

Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6–11. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645

Ismayati, M., Eca, G. M., & Putri, O. (2023). Problematika Guru PAUD dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Tarbiyah Journal: Journal Of Teaching And Educational Sciences, 1(2), 1–11.

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Kaenah, W. F., & Utami, S. Y. (2023). Permasalahan Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (Studi Kasus Pada Sebuah Sekolah PAUD Di Serang). Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 69–81. https://doi.org/10.24853/yby.7.1.69-81

MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (S. yayat (ed.); 2nd ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.

Muhammad, S. Z., & Muhammad, N. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 328–334. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2384

Munawarah, Chairun, N. F., Juniara, F. C., & Santika. (2023). Telaah Ragam Kurikulum Pendidikan Guru Paud Berbasis Kkni dan Mbkm. Bale Riset Rinjani Jr-PGSD: Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15.

Ngaisah, N. C., * M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1–25. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Ni Nyoman, K. W., & L. Heny, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdeferensiasi pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Seririt, Buleleng. EDUCEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.55115/educemara.v1i1.3009

Nurcahyono, N. A. (2023). Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5308

Nurjanah, A., Munastiwi, E., & Azizah, S. N. (2023). Manajemen Soft Skill Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran di Paud. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 29–43. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15486

Nurul, A., & Lilik, S. H. (2023). Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. JDIMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(2), 49–54.

Pramana, D., & Ismail, I. (2023). Konsep Sunnah Nabawiyah dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 133–150. https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.20323

Pratesi, P. C. (2018). Persepsi Guru Paud Terhadap Faktor-Faktor Yang Menghambat Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Paud Se-Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2849

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043

Sianturi, R., Nurlina, D., & Nurpadila, S. (2023). Keterampilan Kepemimpinan Dapat Meningkatkan Sinergitas Kerja Sesama Guru. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 167–172. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.167-172

Siti, N. L., Sairul, B., & Sugiarto. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 1–8. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/demo3/article/view/1677/

Titania, W. P. P. (2020). Merdeka Belajar Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. In N. H. Yulingga (Ed.), Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara (pp. 76–86). Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362

Trifosa, E. P., Welly, E. A., Rina, P., Rais, L., & Marcelino, J. S. (2023). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan DIDAXEI , 4(1), 524–535.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197

Yatmi, P., M. Syahruddin, A., & Yul Alfian, H. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Journal on Education, 6(1), 9232–9244.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.107-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ