PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI

Veny Iswantiningtyas, Nursallim Nursalim, Etty Andyastuti, Suratman Suratman

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pembiasaan yang dilakukan oleh guru untuk  menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada anak di Taman kanak-kanak Negeri Pembina Plosoklaten Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Salah satu cara yang terbuktif efektif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme  pada anak adalah melalui pembiasaan, kebiasaan yang baik akan berdampak positif pada anak. Adapun kendala yang dialami guru ketika menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada anak usia dini adalah anak belum bisa bersabar menunggu giliran masuk kelas, ketika upacara bendera masih terdapat anak yang kurang berdiri dengan tegap, kurang fokus mendengarkan amanat yang disampaikan Pembina upacara, belum hafal Pancasila dan kurang mengahayati lagu wajib Indonesia Raya. Kepala sekolah dan guru kelas  adalah subjek penelitian, sedangkan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis data dilakukan dengan mengumpulkan data,reduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan.Penanaman nilai-nilai nasionalisme dilakukan guru melalui kegiatan pembiasaan diri di Taman Kanak-kanaks Negeri Pembina Plosoklaten yaitu berbaris sebelum masuk kelas, upacara bendera dan makan bersama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai nasionalisme telah dilaksanakan  dengan baik,  hal tersebut ditunjukkan dengan adanya fakta bahwa anak-anak telah belajar tentang pembiasaan dan mencontoh perilaku baik yang telah diajarkan oleh guru untuk diterapkan pada kegiatan sehari-hari.


Keywords


Nilai-nilai Nasionalisme, Pembiasaan, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


A. Yandri, & Utama, W. (2022, October 13). Pendidikan Karakter : Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik Yang Berkualitas. Jakarta. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/pendidikan-karakter-:-peranan-dalam-menciptakan-peserta-didik-yang-berkualitas

Amin, M Maswardi. 2015. Pendidikan Karakter Anak Bangsa.Yogyakarta: Hak Cipta.

Apriani, An Nisa. Sari, Indah P. (2020). Penguatan Karakter

Nasionalisme Generasi Alpha Melalui Living Values Education Program (LVEP) . Literasi: Jurnal Pendidikan. 11,(2), 67 -79.https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1182/1400

Aswasulasikin, Pujiani. Sri, Hadi Yul A. 2020. Penanaman Nilai Nasionalis Melalui Pembelajaran Budaya Lokal Sasak di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 63-76. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/2027/pdf_41

Dinawati, S. Hidayat, M,H.(2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Penanaman Sikap Nasionalisme melalui Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 7, 1(137-146). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/122437/pdf

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Erina, Y. 2022. Upaya Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Miftahul Huda Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

http://repository.radenintan.ac.id/16965/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf

Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570

Ihsani, Nurul. Kurniah, Nina. Suprapti, Anni. 2018. Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia,. 3(1), 50-55. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/2848/pdf

Jayanti. (2016). Buku Lengkap Pramuka. Semarang: Media Ilmu Abadi.

Sutarto, J. (2017). Pentingnya Pembelajaran Multikultural Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i1.947

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 42–47. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2044/1116

Kemendikbud Republik Indonesia.(2017). Kajian dan Pedoman Penguatan PendidikanKarakter (PPK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi dan Menolong Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4 (1), 33-42. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/703/586

Kumari, S. Nurhayati, S. Harmiasih, S. Yunitasari, S E. Menumbuhkan Sikap Empati Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sedekah Jumat Berkah di PAUD Insan Mandiri Kota Bogor. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 9(2), 1067-107. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1904/1365

Luthfillah, N. Elan. Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35-41. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/74/67

Mujtahidin, S. Rachman, S A.(2021). Penanaman Nilai-Nilai nasionalisme melalui Kegiatan Pembiasaan Diri di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Selong. Jurnal Ilmiah Global Education. 2(2), 157-164. https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige/article/view/120/113

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten LombokTimur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (1),177. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/529/pdf

Nurhakim, A. (2019). Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme pada Siswa di SMAN 6 dan 18 Kabupaten Tangerang. UIN SMH BANTEN. http://repository.uinbanten.ac.id/4564/

Nurpatimah, A. (2022). Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 54–59. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/4360/2824

Putri, H D. Wirman A. (2023). Hubungan Antara Kebiasaan Berbagai dengn Keakraban Anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisiyah Talaok Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(3), 23170- 23180. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10273/8255

Rahayu, D. Sarmini. (2022). Model Pembelajaran Sentra dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Anak Usia Dini di PAUD Nusa Indah Surabaya. Kajian Modal dan Kewarganegaraan. 10,1(164-179). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/42374/36687

Sari, R A. Wahyudi. Chamdani M. (2020). The Habit of Lining Up To Form Education Value of Discipline Character To Second Grade Students of SD Negeri 1 Kutosari. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8(2), 285-290. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/42205/30919

Wresniwira, M.A. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter di TK Model Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (6), 507-518

Yati, N. Sofyanb, F S. Saylendrac, N S.(2020). Peran Guru Membiasakan Menyanyikan Lagu Nasional Sebagai Upaya Pembentukan Nasionalisme Siswa. CIVICS: JurnalPendidikan Pancasila &Kewarganegaraan. 5 (2), 132-136. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/CIVICS/article/view/1338




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.1.47-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ