PROGRAM METOSOA (MENANAM OBAT BERSAMA ORANG TUA) DI TK PEMBINA DI PONTIANAK SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan manfaat program METOSOA (Menanam Obat Bersama Orang Tua) di TK Pembina Pontianak Selatan. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai pelaksanaan dan dampak program ini. Subjek penelitian adalah orang tua dan anak-anak yang berpartisipasi dalam program, dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif orang tua dalam program METOSOA tidak hanya meningkatkan keterlibatan mereka dalam pendidikan anak, tetapi juga memperkuat hubungan emosional antara orang tua dan anak. Pendekatan pembelajaran berbasis alam yang diterapkan dalam program ini memungkinkan peserta untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang tanaman obat dan proses perawatannya. Program ini juga memberikan pendidikan holistik tentang kesehatan dan lingkungan, membantu peserta memahami keterkaitan antara kesehatan individu, kelestarian lingkungan, dan penggunaan tanaman obat tradisional. Tantangan dalam implementasi program seperti keterbatasan partisipasi orang tua dan sumber daya sekolah dapat diatasi dengan peningkatan komunikasi dan penyediaan sumber daya yang memadai. Secara keseluruhan, program METOSOA berhasil memberikan manfaat signifikan dalam pendidikan praktis dan emosional anak, serta memperkuat hubungan keluarga, dan diharapkan dapat diimplementasikan di sekolah lain untuk memberikan manfaat serupa.
Kata Kunci: program METOSOA, pendidikan anak usia dini
Full Text:
PDFReferences
Gita, R. S. D. (2018). Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember. SELING, 4(1), 86–93.
Kos, M., & Jerman, J. (2013). Learning About Herbs and Spices in the Preschool Period. David Publishing, 3(10).
Makarskaitė-petkevičienė, R. ., & Venskuvienė, N. (2021). Kindergarten Outdoor Environment and Its Use in Developing Knowledge of Nature. Sakarya Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 21(1), 72–83.
Munawaroh, S., Wilis, M. M. S., & Arum, S. M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Melestarikan Budaya Literasi Serta Tanaman Toga. Jurnal Abdidas, 1(6), 729–734.
Nilawati, A., Ansory, H. M., & Herowati, R. (2019). Pelatihan Menanam Dan Merawat Tanaman Obat Keluarga Di Tk Ra Al Kautsar Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 47–51.
Nugraha, S. P., & Agustiningsih, W. R. (2015). Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga). Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4.
Nuroh, E. Z. (2016). Pendekatan Holistik Dan Kolaboratif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. JURNAL PEDAGOGIA, 5(2), 311–322.
Nursamsi;, Nirmala, I., & Putri, F. E. (2022). Meningkatkan Motivasi Anak Belajar Dari Rumah Melalui Kegiatan Puncak Tema “Tanaman ” Di Tkq An-Namlu Karawang. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Prayunisa, F., & Marzuki, A. D. (2023). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Ipa Terpadu Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa SMP. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1132–1139.
Suci, R. A., & Fathiyah, K. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 2356–1327.
Umayah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di TK AL-Islam Sleman Yogyakarta. Proceedings of The 4th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 493–502.
Widayati, A., & Wulandari, E. T. (2018). Edukasi Manfaat Tanaman Obat dan Pengolahannya dengan Metode CBIA di Desa Bulusulur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. ALTRUIS, 1(1), 25–30.
Widyastuti, T., & Atuti, R. J. (2016). Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi. BERDIKARI, 4(1), 54–62.
Gita, R. S. D. (2018). Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember. SELING, 4(1), 86–93.
Kos, M., & Jerman, J. (2013). Learning About Herbs and Spices in the Preschool Period. David Publishing, 3(10).
Makarskaitė-petkevičienė, R. ., & Venskuvienė, N. (2021). Kindergarten Outdoor Environment and Its Use in Developing Knowledge of Nature. Sakarya Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 21(1), 72–83.
Munawaroh, S., Wilis, M. M. S., & Arum, S. M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Melestarikan Budaya Literasi Serta Tanaman Toga. Jurnal Abdidas, 1(6), 729–734.
Nilawati, A., Ansory, H. M., & Herowati, R. (2019). Pelatihan Menanam Dan Merawat Tanaman Obat Keluarga Di Tk Ra Al Kautsar Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 47–51.
Nugraha, S. P., & Agustiningsih, W. R. (2015). Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga). Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4.
Nuroh, E. Z. (2016). Pendekatan Holistik Dan Kolaboratif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. JURNAL PEDAGOGIA, 5(2), 311–322.
Nursamsi;, Nirmala, I., & Putri, F. E. (2022). Meningkatkan Motivasi Anak Belajar Dari Rumah Melalui Kegiatan Puncak Tema “Tanaman ” Di Tkq An-Namlu Karawang. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Prayunisa, F., & Marzuki, A. D. (2023). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Ipa Terpadu Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa SMP. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1132–1139.
Suci, R. A., & Fathiyah, K. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 2356–1327.
Umayah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di TK AL-Islam Sleman Yogyakarta. Proceedings of The 4th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 493–502.
Widayati, A., & Wulandari, E. T. (2018). Edukasi Manfaat Tanaman Obat dan Pengolahannya dengan Metode CBIA di Desa Bulusulur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. ALTRUIS, 1(1), 25–30.
Widyastuti, T., & Atuti, R. J. (2016). Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi. BERDIKARI, 4(1), 54–62.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.185-193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |