MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BIMBA AIUEO SWADARMA RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 4 – 5 tahun di BIMBA AIUEO Swadarma Raya. Untuk memperoleh data penelitian yaitu dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menurut Kurt Lewin. Subjek penelitiannya yaitu anak usia 4-5 tahun di BIMBA AIUEO Swadarma Raya berjumlah 8 orang, 3 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan dua tahap siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, checklist, dan dokumentasi. Kemampuan mengenal angka sebelum dilakukan tindakan yaitu 65% BB (Belum Berkembang), kemudian pada tahap siklus I 50% MB (Mulai Berkembang), dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada tahap siklus II yaitu 80% BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan memancing angka dapat memberikan peningkatan kemampuan mengenal angka untuk anak usia 4-5 tahun di BIMBA AIUEO Swadarma Raya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 15-22.
Chandra, R. D. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka(1-10) Pada Anak Usia 4-5 tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 32-45.
Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Orang Tua Melakukan Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-8.
Indrawati, R. (2022). Penerapan Metode Pemberian Tugas terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini. PAUD Lecture : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 45-52.
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 181-204.
Mutmainnah. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN BERBURU ANGKA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK NURUL HIDAYAH LEMPANGAN. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 32-43.
Purnama, R., & Fidiawati, R. (2021). PERANCANGAN APLIKASI GAME PETUALANGAN SI UNYIL BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MECHINE. Jurnal Dunia Ilmu.
Putri, W. I. (2023). Pengaruh Game Edukasi Marbel Angka Berbasis Android terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini di PAUD Roja UI Ummi Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Publikasi IAIN Batusangkar.
Yusuf, N. H. (2022). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL WERU PACIRAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1-16.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.119-129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |