PENGARUH SENSORY PLAY BOX TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK

Ramadhana Safira Ilmiyah, Maria Qori'ah, Viena Wanidha Andriani

Abstract


Dapat dikatakan bahwa area pertumbuhan yang paling penting yang harus didorong adalah keterampilan motorik. Kemampuan untuk memegang pensil dengan benar, menggambar dan mengikuti garis adalah salah satunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki, menggunakan metode empiris, bagaimana Sensory Play Box memengaruhi keterampilan motorik halus siswa berusia empat hingga lima tahun di TK Al Mubarok Sempu selama tahun ajaran 2023–2024. Menggunakan desain kuasi-eksperimental, metodologi penelitian kuantitatif digunakan. Dalam rentang usia 4-5 tahun, penelitian ini dilakukan di TK Al Mubarok Sempu. 44 siswa menjadi sampel saturasi yang digunakan dalam penelitian ini, dengan kelas A2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas A1 sebagai kelompok kontrol. Pemantauan dan perekaman non-partisipan digunakan untuk memperoleh data. Uji prasyarat, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t berpasangan independen semuanya digunakan dalam teknik analisis data melalui interpretasi data menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan nilai signifikansi uji t berpasangan independen, yang digunakan sebagai alat analisis data dan menghasilkan temuan 0,001 < 0,05 setelah perlakuan, simpulan penelitian ditarik. Sebelum perlakuan, hasilnya adalah 0,647 > 0,05. Kita dapat menyimpulkan bahwa kotak permainan sensorik di TK Al Mubarok Sempu berdampak pada kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun.

 

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Sensory Play Box, Motorik Halus


Keywords


anak usia dini, sensory play box, motorik halus

Full Text:

PDF

References


Adiwena, B., Nugroho, Y. W., & Hayashi, K. (2022). Perancangan Produk Mainan Puzzle untuk Menstimulasi Motorik Anak Usia 3-5 Tahun. Artika, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.34148/artika.v6i1.499

Afandi, A. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Aini, F. Q., Muqodas, I., & Nikawanti, G. (2023). Peran Media Pembelajaran Busy Book dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. … Nasional PGPAUD UPI …, 2(1), 67–71. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/2542

Asmara, B. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting di kelompok A tk khadijah surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11–23.

Dwi Permata, R. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230

Evivani, M. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. 05(01). https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.427

Haegele, A. (2021). Occupational therapy for children and adolescents. In Movement Disorders of the Upper Extremities in Children: Conservative and Operative Therapy. Elsavier. https://doi.org/10.1007/978-3-030-53622-0_10

Hakim, S. N., Sopha, M., Febriana, S., Rachmat, M., & Dewi, I. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun dengan Teknik Meremas. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1957. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1957-1966.2022

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340

Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. 5(2), 1313–1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849

Qori’ah, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Lembaga Taman Kanak-kanak (TK) Negeri di Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.682

Rahmawati, S. A. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 62–68.

Suminar, D. R. (2019). Psikologi bermain: Bermain & permainan bagi perkembangan anak. Airlangga University Press.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Wahyuningsih, R. (2023). Pengembangan Permainan Kereta Pintar ( Smart Train ) Berbasis Loosepart Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Kelompok A Di RA Tunas Cendekia Glenmore Tahun Pelajaran 2022-2023. 98–105.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.152-158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ