PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON LOMPAT (DAKOPAT) UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN

Rahayu Puspita Sari, Moh. Anas Syamsudin, Firma Yudha

Abstract


Kemampuan motorik kasar anak TK Muslimat NU 2 (usia 4-5 tahun) yang belum berkembang dengan baik serta minimnya sarana dan prasarana pendukung perkembangan anak menjadi faktor pendorong penelitian pengembangan ini. Permainan DAKOPAT (Dakon Jump) diciptakan untuk penelitian ini guna meningkatkan perkembangan motorik kasar anak TK Muslimat NU 2 yang berusia antara empat sampai lima tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang kelayakan, kegunaan, dan kemanjuran permainan Dakopat. Metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) diterapkan dalam penelitian pengembangan ini. Subjek penelitian terdiri dari tiga belas anak dari kelompok A TK Muslimat NU 2. Tiga metode analisis data digunakan, yaitu uji efektivitas, kepraktisan, dan kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli media memberikan persentase rata-rata 100% untuk permainan Dakopat dengan kriteria “sangat layak” dan ahli materi memberikan persentase rata-rata 94% dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan penilaian instruktur kelompok A, kepraktisan permainan Dakopat memperoleh skor persentase rata-rata 83%, yang memenuhi standar "sangat praktis". Kemanjuran permainan Dakopat ditentukan dengan membandingkan penilaian perkembangan motorik kasar anak-anak sebelum dan sesudah penggunaan. Apabila SPSS Statistics 25 menghasilkan nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata Tes Awal dan Tes Akhir, yang menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 2 Gintangan berbeda sebelum dan sesudah menggunakan permainan Dakopat untuk meningkatkannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan Dakopat dapat dibuat, bermanfaat, dan efektif untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia empat hingga lima tahun.

Keywords


permainan Dakopat; motorik kasar

Full Text:

PDF

References


Chusna, L. A., & Ningrum, M. A. 2019. Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. JUrnal PAUD Teratai, 08(2), 1–6.

Fransisca, T. 2022. Implementasi pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media permainan tradisional congklak. Seminar Nasional Sosial, Sains …, 1, 875–879.

http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2826%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/download/2826/2249

Humairah, R., & Sitorus, A. S. 2023. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Paman Doli di RA Al-Ikhlas. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i1.6136

Khairi, H. 2018. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download

Mujriah, Siswantoyo, Sukoco, P., Rosa, F. O., Susanto, E., & Setiawan, E. 2022. Traditional Sport Model To Improve Fundamental Movement Skills and Social Attitudes of Students During Covid-19. Physical Education Theory and Methodology, 22(3), 309–315. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.3.02

Mulyani, D., Cahyati, N., & Rahma, A. 2020. Pengembangan Media Permainan Dakon Untuk Kemampuan Berhitung Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 161–173. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7232

Nurjani, Y. Y., & Sopianti, S. 2022. Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 1(1), 195–201.

Pakpahan, K., Herlina, E. S., & Sitorus, H. 2023. Pengaruh Permainan Tradisional Pat Ni Gajah Terhadap Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mandiri ABCD Kecamatan Sipoholon Mengutip dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak PAUD Peraturan. 1(4).

Rozana, S. 2020. Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Edu Publisher.

Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. 2022. Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 e-ISSN: 26556332. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume, 2(2019), 2–5.

Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A., & Sholeha, V. 2021. Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 156. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50732

Wahyuni, F. 2020. Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini. 15(1), 159–176.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.159-166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ