PENGARUH KEGIATAN INTERACTIVE READ ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acosta-Tello, E. (2019). Reading Aloud: Engaging Young Children during a Read Aloud Experience. In Research in Higher Education Journal (Vol. 37).
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di Tk Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21
Anggreani, C. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 343–361.
Astri, A., Halidjah, S., & Gasya, D. A. V. (2019). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis 4C pada kelas V Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.
Handayani, A., & Sinaga, S. I. (2022). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 5(3), 146–155. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Hoppe, K. (2022). Engaging Pre-Service Teachers in Interactive Social Justice-Themed Read-Alouds. Educational Considerations, 48(1). https://doi.org/10.4148/0146-9282.2322
Kelly, J., & Taboada Barber, A. (2021). Interactive Read-Aloud Instruction With Narratives: Teaching Inferencing Using Theory of Mind. Teaching Exceptional Children, 54(2), 106–115. https://doi.org/10.1177/0040059920987876
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.
Laely, K. (2020). Ilmu Pendidikan Anak (A. Hidayat (ed.)). UNIMMA PRESS.
Misyana, M., & Mayasari, I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Bermain Sains Pada Anak Tk a Di Laboratorium Paud Yasmin Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 30–36. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.289
Munte, R. S., Risnita, Jailani, M. S., & Siregar Isropil. (2023). Jenis Penelitian Eksperimen dan Noneksperimen (Design Klausal Komparatif dan Design Korelasional). Jurnal Pendidikan , 7(3), 27602–27605.
Murti, B. (2019). Berpikir Kritis. Jurnal Kedokteran UNS, 20(12), 75.
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158
Putri, A. C. M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Kontribusi Permainan Tradisional untuk Hati Nurani Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4518–4531. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1442
Rangkuti, A. N. (2016). Metode Pendidikan Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan (M. S. Lubis (ed.)). Citapustaka Media.
Revelle, C. L., Slay, L., & Fields, M. (2021). Read-Alouds, Structure, and Sharing: Planning Strategically to Carve Out Time for Meaningful LIteracy Experiences. A Journal of the Texas Council of Teachers Language Arts, 51, 29–32.
Sakinah, A. N., & Fitri, R. (2023). Pengaruh Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 12(1), 1–7.
Sandy, F., & Muliawanti, L. (2020). Komponen Interactive Read-Aloud dalam Konteks EFL. Proceeding of the URECOL, March, 253–261.
Sobirin, U. A. (2020). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV SD Negeri Jatialang Kecamatan Arjosari Tahun Pelajaran 2019/2020. STKIP PGRI Pacitan.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sun, C.-H. (2020). Using Interactive Picture-Book Read-Alouds with Middle School EFL Students. English Language Teaching, 13(7), 130. https://doi.org/10.5539/elt.v13n7p130
Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053
Susilaningsih, S., Abbas, N., & Nurharini, A. (2018). Strategi Interactive Read Alouds dalam Optimalisasi Keterampilan Pemahaman Dongeng Anak Di SDN 01 Tawangmas Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 77–82.
Wahyudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.141-151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |