MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIK MELALUI PERMAINAN ANGKLUNG DI PAUD AULIA

Erni Rosydiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kecerdasan musik anak setelah anak bermain musik angklung dan secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang diberikan guru dalam meningkatkan kecerdasan musik setelah bermain musik angklung. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Aulia, Bojongsari, Depok. Metode yang digunakan addalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Hopkins, sedangkan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelompok B yang berjumlah 16 anak dengan usia mereka rata-rata 5-6 tahun Temuan-temuan yang didapat pada saat pra siklus adalah bahwa sebanyak 51,0% anak belum terlihat bagus kecerdasan musiknya dalam menerima pembelajaran. Karena pada saat observasi terlihat jelas masih banyak anak yang belum terlihat kecerdasan musiknya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan musik anak usia 5-6 tahun melalui bermain musik angklung, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kecerdasan musik pada siklus I dengan prosentase 61,5% dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II adalah sebesar 89,6% dan membuat indikator-indikator yang telah ditetapkan dengan skala penilaiannya. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk semua praktisi-praktisi pendidikan serta dapat mengembangkan dengan inovasi baru dalam bermain musik angklung agar kemampuan kecerdasan musik anak didik semakin baik dalam pembelajaran sejak dini hingga masa dewasanya kelak.

Full Text:

PDF

References


Ismail Kusmayadi. Membongkar Kecerdasan Anak. Jakarta. Buku Kita

Nini Subini. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera. 2011

Ariany Syurfah, Multiple Intelligences for Islamic Teaching, Bandung: Sygma Publishing. 2009

Kamus Besar Bahasa Indonesia ,Pengertian Musik, 1990

Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi Jakarta:UI Press,1986

Merriam, AP , The Anthropology of music, The America Museum of Natuiral History,1971

Boedhisantoso, S.Kesenian dan Nilai-nilai Budaya , Jakarta : Depdikbud, RI, 1982

Melalotoa , Pesan Budaya dalam Kesenian , Jakarta : F.S. UI, 1986

http://ochanbhancine.wordpress.com/2009/12/05/pengertian-musik/ (Diakses pada: )

Fathur Rasyid, Cerdaskan Anakmu Dengan Musik, Yogyakarta: Diva Press, 2010

Imam Musbikin, Kehebatan Musik Untuk Mengasah Kecerdasan Anak, Jogjakarta: Power Books, 2009

Bunda Lucy, Dahsyatnya Brain Smart teaching, Jakarta: Penebar plus, 2012

Syamsuri Jari, Reformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Musik, Malang: Artisia Press, 2006

Pengembangan Kecerdasaan Majemuk, universitas terbuka, 2008

Ajimufti, Jurus Kilat Main Angklung, (Jakarta: Laskar Aksara,2010

E. Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009

Ekawarna, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: GP Press, 2010

Suharsini Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Howard Gardner, Multiple Intelegences, Batam: Interaksara, 2003




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.53-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ