MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI MELIPAT KERTAS ORIGAMI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MUKARROMAH JAKARTA UTARA

Ramadani Zahwa, Anita Damayanti

Abstract


Perkembangan motorik halus sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Anak usia taman kanak-kanak masih sering mengalami kesulitan dalam menggerakkan jari-jarinya untuk kegiatan seperti menggunting, menggambar, merobek, melipat, menyusun dan mengisi pola dengan menempelkan benda-benda kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas origami. Metode penelitian ini menggunakan penelelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan data dua siklus, di RA Al-Mukarromah Jakarta Utara pada anak usia 5-6 tahun. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, observasi dilakukan dengan siswa sebagai subjek, dan dokumentasi menggunakan data dokumentasi rekaman serta catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan melipat kertas (origami) dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini.

 

Kata Kunci: motorik halus , origami , melipat kertas


Keywords


motorik halus , origami , melipat kertas

Full Text:

PDF

References


Abiyyu Prishdian Vivekananda Abstrak. 2014. “Perkembangan Seni Melipat Kertas (Origami).” (112): 5.

Citrasari, Putri Ayu. 2020. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini 5-6 Tahun Pada Sentra Balok Di RA Al Hidayah IAIN Walisongo Margoyoso 3 Ngaliyan Semarang Tahun 2019/2020.” Eprints.Walisongo.Ac.Id. http://eprints.walisongo.ac.id/12973/1/1603106053_PUTRI AYU CITRASARI_FULL SKRIPSI - Putriayu Citrasari.pdf.

Erlyana, Yana, and Henny Hidajat. 2019. ““Pelatihan Pembuatan Kartu Dengan Origami Mengambil Tema Hewan Langka Indonesia ( RPTRA Dharma Suci Jakarta).” Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan 3(2): 83–90. doi:10.30813/jpk.v3i2.1863.

Fadhilah, Nurul. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Kelompok BTK KKLKMDSedyo Rukun Bambanglipuro Bantul.” Skripsi 2014(June): 1–2. https://repositories.lib.utexas.edu/handle/2152/39127%0Ahttps://cris.brighton.ac.uk/ws/portalfiles/portal/4755978/Julius+Ojebode%27s+Thesis.pdf%0Ausir.salford.ac.uk/29369/1/Angela_Darvill_thesis_esubmission.pdf%0Ahttps://dspace.lboro.ac.uk/dspace-jspui/ha.

Hairani. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Melipat Kertas Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Rempung.” Jurnal Pendidikan dan Sains 1(1): 141–56. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/288.

Kurniasari, Venna. 2020. 5 Upaya Meningkatkan Lima Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5 – 6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Melempar Dan Menangkap Bola Di Ra Al - Hidayah, Desa Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

Mappa, Nurul Ramdhani. 2022. “Penggunaan Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Pada Anak Tunarungu Kelas Iv Slb Negeri 2 Makassar Nurul Ramdhani Mappa.” Pinisi Journal of Education: 1–21.

Masrurah, Farhatin, and Khulusinniyah Khulusinniyah. 2019. “Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Dengan Bermain.” Edupedia 3(2): 67–77. doi:10.35316/edupedia.v3i2.253.

Mokodompit, N F. 2023. “Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Pada Siswa Kelompok B TK Mutiara Ibu Manado.” Indonesian Journal of Early Childhood … 03: 25–33. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/811%0Ahttps://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/download/811/547.

Mulyati, Atik. 2014. 1 Universitas Negeri Yogyakarta Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Origami Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Baciro Gondokusaman Yogyakarta. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311.

Munqidzah, Zaenab, and Liastuti Ustianingsih. 2018. “Pelatihan Origami Bagi Guru-Guru PAUD Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 3(1): 246–51. doi:10.21067/jpm.v3i1.2665.

Pratami, Rieka Dwi Dharma. 2022. “Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pasca Pandemi Di Kecamatan Labuan Batu.” Universitas Lampung 1(2): 1–68.

Priska Putri Cahyaninda. 2021. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di PAUD Nabillah Bandar Lampung.

Qinanah, Arila. 2014. Pengaruh Cooking Class Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Di TK A"Majma Al Bahrain Bulak Surabaya.

Rafiqah, Kusfiannur. 2021. Karya Tulis Ilmiah Pengaruh Bermain Origami Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. https://repository.uin-suska.ac.id/54298/.

Sandra Adetya, and Fathana Gina. 2022. “Bermain Origami Untuk Melatih Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Altruis: Journal of Community Services 3(2): 46–50. doi:10.22219/altruis.v3i2.21501.

Sari dan Desty. 2022. Pengaruh Permainan Melipat Kertas / Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah Usia 4-5 Tahun Di Tk Skripsi Pengaruh Permainan Melipat Kertas / Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah Usia 4-5 Tahun Di Tk.

Sarnawati, Sarnawati, and Arvyaty Arvyaty. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Keterampilan Melipat Kertas.” Jurnal Riset Golden Age Paud Uho 2(1): 44. doi:10.36709/jrga.v2i1.8305.

Septiana, Annisa. 2018. 66 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Seni Membatik Di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Kemiling Bandar Lampung.

Sum, Theresia Alviani, Felisitas Ndeot, and Yuliana Atradewi. 2021. “Melipat Kertas Bagi Guru Paud Di Pkg Ca Nai Cibal.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 25–37. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ