PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI EKSPLORASI MENGGUNAKAN KORAN BEKAS DI TK MUTIARA HATI MATARAM NUSA TENGGARA BARAT

Susi Hidayati, Fahruddin Fahruddin, I Made Suwasa Astawa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK Mutiara Hati terkait dengan perkembangan kreativitas anak yang masih belum berkembang optimal. Berdasarkan kenyataan yang ada di TK Mutiara Hati menunjukkan bahwa 7 dari 10 anak masih belum berkembang kreativitasnya, sedangkan sisanya sebanyak 3 anak menunjukkan kemampuan cukup berkembang, sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 10 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata yaitu 55,83% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 69,58% dan meningkat secara optimal pada siklus III dengan persentase 81,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas yang dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dan efektif dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keywords


Kreativitas, Eksplorasi, Koran bekas

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Yuni. 2015. Motivasi Orang Tua Memasukkan Anaknya ke Taman Kanak-kanak. http://repository.upi.edu, Diakses tanggal 2 September 2017.

Depdiknas Dirjen Dikti. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta.

Dwi Rakhmawati. 2011. Kreasi Unik dengan Sampah Kertas. Diakses dari http://kreasiunik.blogspot.co.id, pada tanggal 12 Januari 2017, pukul 09:12:51.

Elvida. 2012. Peningkatan Kreativitas Anak dengan Menggunakan Bahan Sisa di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Duri Tahun Ajaran 2012/2013 http://ejournal.unp.ac.id, Diakses tanggal 9 Januari 2017.

Fratnya Puspita Devi. 2014. Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak Kelompok B2 Di TK Aba Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman https://eprints.uny.ac.id, Diakses tanggal 9 Januari 2017.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak (jilid 2 edisi ke enam). Jakarta: Erlangga.

Imam Musbikin. (2007). Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Ghalia Indonesia: Bogor.

Miles, M. B & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. (Alih Bahasa: Tjetjep Rohendi Rohidi) Jakarta: Universitas Indonesia-Press.

Mills, Geoffrey E. 2003. Action Research. Amerika: Pearson Education.

Montolalu. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Diakses dari http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id, pada tanggal 10 Januari 2017, pukul 10:18:45.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Jakarta.

Rachmawati & Kurniati. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Sa’dun Akbar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi, & Implementasi. Yogyakarta: CV. Cipta Media.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta Barat.

Sukarya, Zakarias. 2015. Pendidikan Seni. Diakses dari http://sukaryazkrs.blogspot.co.id, pada tanggal 28 Desember 2017 pukul 15:21:54.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suwarsih Madya. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Seri Metodologi Penelitian. Diakses dari http://madyasuwarsih11.blogspot.com, pada tanggal 30 Desember 2016 pukul 10:13:28.

Universitas Mataram, 2009. Pedoman Penulisan Skripsi Program S1PGSD dan PGPAUD. Mataram.

Utami Munandar. (2009). Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.

Zamiel Ahmet. 2010. Pemanfaatan bahan sisa. Diakses dari http://zamielahmet.blogspot.com, pada tanggal 12 Januari 2017, pukul 08:40:16.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.65-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ