EFEKTIVITAS MEDIA LOOSE PART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media loose part dalam meningkatkan kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan sebanyak 50 anak TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kedon Congkrang Muntilan Magelan dengan sampel penelitian yang diambil dengan teknik purposive samping yaitu sebanyak 20 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawanacara dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisa data yang digunakan yaitu uji statistik parametrik dengan Uji Paired Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media loose part efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving anak usia 5- 6 tahun. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t yang menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Hasil analisis deskriptif juga menunjukkan rata – rata nilai pretest 47.85 meningkat setelah diberikan treatment dengan media loose part dan diukur kembali pada posttest didapatkan rata – rata 63.70.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159
Farida, A. (2020). Penggunaan Media Loose parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fono, Y. M., & Ita, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9290–9299.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Mastuinda, M., Zulkifli, Z., & Febrialismanto, F. (2020). Persepsi Guru Tentang Penggunaan Loose parts Dalam Pembelajaran Di Paud Se- Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.868
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Oktaviany, F., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Profil Kemampuan Problem Solving Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3), 148–155.
Putri, K. (2020). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak TK B di Gugus IV Kecamatan Banguntapan, Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 386–395.
Rizkiawanti. (2022). Penerapan Pembelajaran Media Loose parts Untuk Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 3 Tambak Negara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifudin Zuhri Purwokerto.
Suryati, K. (2019). Meningkatkan kemampuan Pemecaham Masalah Melalui Metode Mind Map di Taman Kanak-Kanak Mutiara Merbai Mataram Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203
Wibiati, A. (2021). Upaya Menumbuhkan Daya Kreativitas Anak Melalui Penerapan Metode STEAM dengan Media Loose part di RA Walisongo Jerakah Tugu, Kota Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Yusri, N. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Loose parts. Jurnal Adzkiya, 5(2), 24–39.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.130-140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |