PERSEPSI ORANG TUA MENGENAI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berdasarkan hasil analisis persepsi orang tua tentang pendidikan seks untuk anak usia dini di KB & TK Bunga Bangsa Islamic School dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
Tingkat pendidikan orang tua di KB & TK Bunga Bangsa Islamic School sedikit banyak telah memberikan pengaruh terhadap kesadaran pentingnya pendidikan seks untuk anak.
Tingginya tingkat kesadaran orang tua tentang pendidikan seks belum diimbangi dengan pelaksanaan pendidikan seks untuk anak.
Persepsi orang tua tentang pendidikan seks dan tujuan pendidikan seks masih berorientasi pada hal yang berkaitan dengan permasalahan organ seks saja, padahal pendidikan seks mempunyai ruang lingkup yang luas.
Kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan seks masih belum diimbangi dengan pelaksanaannya. Hal itu terluhat dari kurangnya pengetahuan orang tua tentang proses pelaksanaan pendidikan seks dalam keluarga, seperti metode yang digunakan, media yang diperlukan dan langkah – langkah apa saja yang dilaksanakan.
Kurangnya referensi pendidikan seks yang sesuai dengan ajaran agama Islam yang diperoleh orang tua. Ada kecenderungan orang tua berpaling pada teori Barat dalam menerapkan pendidikan seks untuk anak.
Begitu kuatnya arus informasi (majalah, film, acara televisi dan intenet) membuat orang tua kesulitan menyaring informasi yang benar dan sesuai dengan perkembangan anak.
Orang tua kurang memperhatikan perkembangan psikoseksual anak, apalagi untuk berkomunikasi seputar masalah seks dengan anak karena kesibukan orang tua di luar rumah.
Dalam proses pemerolehan data, baik angket maupun wawancara banyak orang tua yang memberikan respon positif. Respon tersebut terlihat dengan banyaknya diskusi antara peneliti dengan orang tua sebagai responden.
Orang tua sebagai responden cukup terbuka dalam memberikan informasi atau keterangan.
DAFTAR PUSTAKA
Al Madani, Hilman. 2005. Mengapa Anak Kita Perlu Pendidikan Seksualitas. Jakarta : HAD Publikasi.
Asmoro, Guno. 2006. Sex Education For Kids. Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Dajan, Anto. 1983. Pengantar Metode Statistika. Jakarta : LP3ES.
Djiwandono, Sri Esti W. 2001. Menjawab Pertanyaan – Pertanyaan Anak Anda Tentang Seks. Jakarta : Grasindo.
Gunawan. 1984. Komunikasi dalam Organisasi. Jakarta : PT. Internusa.
Haditono, S.R., Moenks & Knoers. 2002. Psikologi Perkembangan Islami. Yogyakarta : Gadjah Mada University.
Hasan, Aliah B. Purwakania. 2006. Psikologi Perkembangan Islami. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Irwanto. 1991. Psikologi Umum. Jakarta : Gramedia.
Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Anak. Bandung : Mandar Maju.
Kriswanto, Clara. 2006. Seks, Es krim dan Kopi Susu. Jakarta : Jagadnita publishing.
Madan, Yusuf. 2004. Sex Education for Children. Jakarta : Mizan.
Moh. Nazir,Ph.D. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Mizan.
Pratiwi, Dra. 2004. Pendidikan Seks untuk Remaja. Yogyakarta : Tugu Publisher.
Rachman, Arief, Dr. M.Pd. 2002. Buletin Padu. Jakarta : Direktorat PADU.
Rachmat, Jalaludin. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung Remaja Rosdakarya.
Semiawan, Conny R. 2002. Pendidikan keluarga Dalam Era Globalisasi. Jakarta : PT Prenhalindo.
Suyudi, M. 2005. Pendidikan dalam Persfektif Al-Quran. Yogyakarta : Mikraj.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Thoha, Miftah. 2000. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta : Balai Pustaka.
Tirtahardja, Umar dan S.L. La Sulo. 1995. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta.
Ulwan, Abdullah Nashih. 1999. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta : Pustaka Amani.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.77-90
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |