MEMBIASAKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK MELALUI FILM CARS

Sri Immawati, Atik Nurbiyati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perilaku prososial anak terhadap teman sebayanya. Penelitian ini berada di RW. 05 yang berada di Jalan Sanggrahan, Kelurahan Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pesan yang diperoleh anak dari film cars dan untuk mengetahui perilaku prososial anak yang suka menonton film cars terhadap teman sebayanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Fenomenologi mencoba mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku prososial anak yang suka menonton film cars cukup baik. Hal tersebut karena dalam film cars terdapat pesan yang positif yang dapat memicu anak untuk berperilaku prososial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak yang terkait, terutama di bidang kependidikan.


Keywords


Perilaku Prososial, Film Cars

Full Text:

PDF

References


Asih, G.Y. dan Pratiwi, M.M.S. 2010. Perilaku Prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, Volume I, No. 1, Desember 2010, (eprints.umk.ac.id/268/ diakses 9 Mei 2017).

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baron, R.A. dan Bryne, D. 2005. Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi X. Jakarta: Erlangga.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kau, Murhima. 2010. Empati dan Perilaku Prososial pada Anak. Jurnal Inovasi, Volume 7, No. 3, September 2010, (ejurnal.ung.ac.id/ index.php/JIN/article/download/771/714 diakses 9 Mei 2017).

Papalia, D.E. dan Feldman, R.D. 2014. Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.129-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ