PENINGKATAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA FAUNA PANTAI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Enny Siti Rohaeni, Andi Gunadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan kognitif anak belum berkembang secara merata. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang  peningkatan pengenalan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun melalui media fauna pantai. Metode penelitian yang dipakai menggunakan metode PTK model kemmis dan Taggart. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, Pemantauan/observasi dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media fauna pantai dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun Hal ini terbukti dari hasil pengamatan menunjukkan peningkatan mampu mencapai target yang diharapkan yaitu 80%, Hasil observasi mendapatkan prosentase sebesar 93,82%, meningkat sebesar 26,17% dari siklus I, sehingga diperoleh hasil bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada siklus II ini mencapai hasil sesuai dengan target yang diharapkan.

Keywords


Konsep Bilangan, media pantai, fauna

Full Text:

PDF

References


Amin, Moh 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Untuk Penilaian Angka Kredit Guru, Jakarta: Inspirasi (Imprint Penerbit Oase Qolbu).

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Pendekatan Praktek (Jakarta: Sinar Grafik Offset).

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas beserta Sistematika.

Asmawati, Luluk 2008. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Secara Islami, Pengembangan Multipotensi Dan Multi kecerdasan, Jakarta:Darul Qolam Jakarta STIT INSIDA.

Arsyad, Azhar 2007. Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Charlesworth, Rosalind Karen K. Lind,1990. Math & Scince for young children.

Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Balai Pelayanan Pendidikan Nonformal (BPPNF) 2010. Media Pendidikan, Penanaman Jiwa Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini Di Wilayah Industri Melalui Aktifitas Bermain DiPOS PAUD. Banten. Pemerintah Provinsi Banten.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional 2013, Kerangka Besar Pembangunan PembangunanPAUD Indonesia Periode 2011-2025. Jakarta:Kemdiknas.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal 2011, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan POS PAUD. Jakarta: Kemdiknas.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal 2012, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta. Kemdikbud.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal 2012, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Taman Pendidikan AlQuran (PAUD TPQ). Jakarta. Kemdikbud.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2012. Kaleidoskop Direktorat Pembinaan PAUD. Jakarta: Kemdikbud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2012.

Buku Saku Bunda PAUD, Masyarakat Bertanya Bunda PAUD Menjawab.Jakarta, Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini NonFormal dan Informal, 2010. Bahan dan Media Pembelajaran Kelompok Bermain. Pengembangan Konsep Matematika Jakarta: Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini NonFormal dan Informal, 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Pendidikan Al-Quran. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal 2014.Bahan Ajar Penguatan Pembelajaran Untuk PAUD Baru, Perkembangan Anak Usia3-6 Tahun. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, 2010. Bahan dan Media Pembelajaran Kelompok Bermain, Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini . Jakarta: Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, 2010. Bahan dan Media Pembelajaran Kelompok Bermain, Perkembangan Anak (MOT)Jakarta: Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional, Kurikulum Taman Kanak-Kanak, 2010.Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di TK. Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Kemdiknas.

Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak Jilid 2, 1978, Jakarta, PT.Gelora Aksara Pratama.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.2.1.19-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ