PENERAPAN METODE FARMING GARDENING PROJECT DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI DAERAH TERPENCIL KALIMANTAN BARAT

Diana Diana, Ufi Ruhama

Abstract


Berdasarkan dari Fenomena di masyarakat saat ini banyak mengalami kerusakan moral menyimpang, hampir pada segmen kehidupan dan seluruh lapisan masyarakat, sehingga telah mendorong pemerintah indonesia untuk menerapkan Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa, salah satu upaya untuk mewujudkan kebijakan tersebut adalah dengan menekankan pentingnya pendidikan karakter untuk di implementasikan dalam setiap institusi pendidikan baik formal (sekolah) informal (keluarga) non formal (masyarakat) di mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan penelitian ini secara umum adalah dapat meningkatkan karakter Anak Usia Dini khususnya melalui Penerapan Metode Farming Gardening Project di Daerah terpencil Kalimantan Barat, sehingga dapat memberikan konstribusi positif bagi pengembanagan penelitian pendidikan terutama dalam meningkatkan karakter anak usia dini, Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian adalah mengembalikan benda pada tempatnya MB 20% , BSB ada 80% anak, Menyelesaikan Tugas yang diberikan MB16% ada 84% anak, BSB ada 21 anak, anak, Anak terbiasa antri, MB ada 12% anak, BMB ada 88% anak,

Keywords


Katakter Anak Usia Dini, Metode Farming Gardening Project

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003 . Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sisitem Pendidikan Nasional

Kasmadi, 2013. Membangun Soft Skills Anak-anak Hebat, Pembangunan Karakter & Kreativitas Anak. Alpabeta Bandung.

Masitoh , 2005. Strategi Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta : UT

Prasetyo, N. 2011. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Non Formal & Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Syarbini, Amirulloh 2014. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Sujiono, Bambang, dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : UT

Sujiono, Yuliani Nuraini, 2009. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Tim Redaksi Fokus Media 2005. Himpunanan peraturan Perundang-undang. Bandung: Fokus Media.

Catatan Akhir Tahun - Masih Ada "Pekerjaan Rumah" KPAID Kalbar 2016 - ANTARA News kalbar - ANTARA News kalbar - Berita Terkini Kalimantan Barat




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.1.7-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ