PERAN GURU PAUD DALAM MEMINIMALISIR DAMPAK GADGET PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

Desni Yuniarni

Abstract


Anak usia dini yang lahir pada era milineal ini adalah anak-anak yang termasuk generasi Z, dimana mereka sangat akrab dengan berbagai teknologi, diantaranya gadget. Gadget merupakan salah satu teknologi canggih yang memiliki berbagai macam fitur menarik, terutama bagi anak-anak. Berbagai fitur yang ditawarkan memiliki dampak positif bagi perkembangan anak usia dini. Anak dapat bermain sambil belajar dengan memainkan permainan-permainan yang dapat menstimulasi aspek kognitif, motorik halus, seni, bahasa bahkan aspek perkembangan nilai, agama dan moral. Namun, tidak semua aspek perkembangan dapat terstimulasi melalui permainan yang terdapat dalam gadget, yaitu sosial emosional, bahasa dan motorik kasar. Penggunaan gadget yang sifatnya personal dan individual berdampak negatif bagi perkembangan anak, karena minimnya interaksi dengan orang lain. Padahal dalam berinteraksi dengan orang lain, anak akan belajar menghargai orang lain, belajar bekerja sama, menyesuaikan diri dan menerima pendapat orang lain. Hal-hal positif yang tidak terdapat dalam gadget tersebut, malahan terdapat dalam permainan tradisional yang dewasa ini sudah jarang dimainkan lagi oleh anak-anak. Disnilah peran guru PAUD dalam mengenalkan berbagai permainan tradisional di PAUDnya, agar anak tidak terpaku pada permainan di gadget, tetapi beralih ke permainan tradisional yang sarat unsur positifnya, bahkan sekaligus dapat menanamkan nilai-nilai kearifan lokal daerahnya.

Keywords


guru PAUD, permainan tradisional, perkembangan anak usia dini, gadget

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Irmayanti, Yuli.2018.Peran Orang Tua dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak

Usia Prasekolah. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Online]

Tersedia: http://eprints.ums.ac.id/62119/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. (29

Juni 2018).

Khasanah Ismatul, Prasetyo Agung dan Rakhmawati Ellya. 2011. Permainan Tradisional

Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. [Online]

Tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6984&val=530 (31

Oktober 2018).

Noorshahiha, Mohd Fadzil.2016.The Level of Tolerance Sanctioning Children Using Gadgets

by Parents Lead To Nomophobia:Early Age Gadget Exposure: International

Jurnal art and science 09(02).

https://www.researchgate.net/profile/Mohd_Yusof_Abdullah/publication/31

(15 Desember 2017).

Nurmasari, Aula.2016.Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan

Perkembangan pada Aspek Bicara dan Bahasa pada Balita di Kelurahan

Tambakrejo Surabaya. Skripsi. Universitas Airlangga.

http://repository.unair.ac.id/54134/13/FK.%20BID.%2023-16%20Nur%20hmin.pdf. (1 Desember 2017).

Rochmani, imma’u. 2016. Permainan Tradisional Engklek Berpengaruh Terhadap

Perkembangan Motorik Anak. [Online] Tersedia:

http://eprints.ums.ac.id/42777/1/10.%20Artikel%20publikasi.pdf.

Saputra, Nofrans Eka dan Ekawati, Yun Nina. 2017. Permainan Tradisional Sebagai Upaya

Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. [Online] Tersedia: https://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/jpj/article/view/4796/3303 (31 Oktober 2018).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trinika, Yulia.2015.Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial Anak

Usia Pra Sekolah di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-

skripsi. Universitas Tanjungpura. (1 Desember 2017).

Ulfatun, Siti. 2014. Pelaksanaan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kecerdasan

Emosi Anak di TK Aba Rejodani Sariharjo Nyanglik Sleman. [Online]

Tersedia:http://digilib.uin-suka.ac.id/12371/. (1 Desember 2017).




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.1.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ