ANALISIS KECEMASAN ANAK TK DI AWAL MASUK SEKOLAH DALAM INTERAKSI DIDALAM KELAS DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

Setiani Widiyati, Anita Chandra, Purwadi Purwadi

Abstract


Pada masa taman-kanak-kanak biasanya anak berada pada masa peka karena kehidupan rumah yang ia jalani digantikan dengan kehidupan sekolah. secara umum mereka mengalami ketakutan dan kecemasan. Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana karakteristik anak yang mengalami kecemasan dalam interaksi di dalam kelas? 2) Kendala apa saja yang dialami TK PGRI 35 Kalicari Pedurungan Kota Semarang dalam menangani kecemasan anak TK di awal masuk sekolah? 3) Bagaimana solusi orangtua dan guru dalam menangani kecemasan anak TK di awal masuk sekolah? Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dan kualitatif. Sumber data primer berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik anak yang mengalami kecemasan dalam interaksi di dalam kelas ditandai antara lain: anak menangis/tidak mau ditinggal orang tua, dan merasa takut. Adapun kendala yang dialami adalah sebagai berikut: a) Kecemasan anak TK di awal masuk sekolah sangat bervariasi atau beragam; b) Semua guru terlibat mendekati anak, sehingga anak merasa seperti diadili. Solusi orangtua dan guru dalam menangani kecemasan anak TK di awal masuk sekolah adalah guru dan orang tua harus berupaya mencari dan menemukan penyebab timbulnya kecemasan itu. sebagai rekomendasi, hendaknya orangtua dan guru memberi ekstra perhatian yang lebih intensif.


Keywords


Kecemasan; Anak Usia Dini; Interaksi Dalam Kelas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.--------------------------, 2017. Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Atkinson, R. L., Atkinson, R.C., dan Hilgard, e.R. 2015, Pengantar Psikologi. Alih Bahasa: Widjadja Kusuma. Jakarta : Erlangga.

Azwar, Saifudin, 2017, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin. J.P., 2011. Dictionary of Psychology. New York: Delhi Publishing Co., Inc.

Darajat, Zakiyah, 2012, Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung.

Emzir, 2012, Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hurlock, Elizabet B, 2012, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga

Koeswara, 2015, Teori-Teori Kepribadian, Bandung: Eresco.

Maemunah, Sri. 2010. “Pola Interaksi Guru dalam Memotivasi Aspek Sosial Anak (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)”, Skripsi, Surakarta: Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.

Moleong, Lexy J., 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Ningsih, Sulastya, 2015, “Telaah Masa Adaptasi Anak Saat Pertama Masuk Sekolah Dengan Hubungan Pola Asuh Orang Tua”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan” FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 7 November 2015, Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi Volume 1, Nomor 2, September 2015 P-ISSN : 1693-6922 / E-ISSN : 2540-7767

Razak, Abd. Rahim, 2017, “Interaksi Pembelajaran Efektif untuk Berprestasi”, Jurnal Pilar, Vol. 2, No. 2, Juli-Des’, 2017.

Sobur, Alex, 2014, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia.

Sugiono, 2016, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D, Bandung: Alfabeta

----------, 2017, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta.

Suprayogo, Imam, dan Tobroni, 2012, Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Wiramihardja, Sutardjo A., 2015. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refika Aditama.

Zhifar, Kariba Husnayayyin Azh, 2015. “Kecemasan Sekolah Pada Siswa Taman Kanak-Kanak”, Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.2.91-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ