MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN MELIPAT KERTAS BEKAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada usia 4-5 tahun melalui penerapan permainan melipat kertas bekas. Penelitian dilaksanakan di RA Al-Alimin Kembangan Jakarta Barat dengan subyek penelitian sebanyak 15 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis dan Mc.Taggart, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi pra-siklus memperoleh persentase sebesar 42% yang menunjukkan bahwa anak memiliki kemampuan motorik halus yang masih rendah sehingga dilaksanakan tindakan siklus I. Pada siklus I kemampuan motorik halus anak telah mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 66%, meskipun mengalami peningkatan sebesar 24%, anak belum mampu mencapai target yang diharapkan dan belum dikategorikan berhasil sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil observasi siklus II menunjukkan peningkatan yang baik. Dengan persentase peningkatan kemampuan motorik halus sebesar 87% meningkat sebesar 21% dari siklus I, sehingga diperoleh hasil bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada siklus II ini berhasil dengan baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan permainan melipat kertas bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2013.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Berk, Laura E. 2007. Development Throught the Lifespan.Fourth Edition. New York: Paerson
Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah, Jogjakarta: DIVA Press
Jurnal PAUD Jateng, 2015. Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini diakses pada 3 April 2017 pukul 22:00 WIB
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Indeks
Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Santrock, John W. 2012. Life Span Development. Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama
S Evan Sukand, Pamadhi Hajar. 2012. Seni Keterampilan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sumantri, 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas,Dirjen Dikti
Suyadi. 2015.Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Tambulon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama
Zulkifli, L. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.65-77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |