PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK SISWA SD LAB SCHOOL FIP UMJ.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya budaya literasi siswa di Indonesia yang berperan terhadap perkembangan kecerdasan linguistik siswa. Program ini sudah berjalan hampir selama 3 tahun untuk membantu membiasakan dan membudayakan gerakan membaca oleh siswa, guru dan stakeholder sekolah lainya, sehingga diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan secara luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Program Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa, serta partisipasi stakeholder dalam mendorong budaya literasi dilingkungan sekolah melalui multi pendekatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah Responden 17 orang (1 Kepala Sekolah, 1 Wakakurikulum, 2 Wali Kelas, 3 Wali Murid, 5 Siswa Kelas IV dan 5 Siswa Kelas V.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa 1) Program gerakan literasi indonesia memiliki peran yang sangat fundamental/urgens terhadap Kecerdasan Linguistik Siswa, 2). Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Lab School FIP UMJ membuat siswa terbiasa membaca dan termotivasi untuk menulis, sehingga terdapat beberapa siswa yang memiliki potensi yang baik dalam membuat karya tulis seperti cerpen dan puisi ataupun artikel sederhana lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aizid, Rizem. 2011. Tips Ampuh Menyiapkan Anak Gemar Baca: Sejak dalam Kandungan Sampai Masa Pengasuhan. Jogjakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).
Amiruddin Mahmud.(2016). Membangun Budaya Literasi. Diakses dari: http://www.kompasiana.com/amirudinmahmud/membangun-budaya-literasi 570261c7a623bd58094c29f9.Padatanggal 23 November2017.
Amstrong, Thomas. 2014. Kecerdasan Jamak dalam Membaca dan Menulis. Terjemah oleh: Dyah Widya Prabaningrum. Jakarta, Indonesia: PT Indeks.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Armstrong, Thomas. (2005). Setiap Anak Cerdas. (Alih bahasa: Rina Buntaran). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gardner, Howard. (2003). Kecerdasan Majemuk: Teori Dalam praktik. (Alih bahasa: Drs. Alexander Sindoro). Batam Center: Penerbit Interaksara.
Hindun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Depok: Nufa Citra Mandiri.
Idris, Meity H. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini melalui Mendongeng. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Isna,Nurla Aunillah. 2015. Tip dan Trik Mudah Melejitkan Daya Ingat Anak (Cukup Ketahui Kebiasaan-Kebiasaan Pengasah Daya Ingat Anak Ini). Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Kemendikbud RI
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta. Kemendikbud RI
Kusmayadi, Ismali. 2011. Membongkar Kecerdasan Anak (Mendeteksi Bakat & Potensi Anak Sejak Dini). Jakarta: Gudang Ilmu.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nggermanto, Agus. 2015. Melejitkan IQ, EQ dan SQ (Kecerdasan Quantum). Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. 2010. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca (Suatu Teknik Memahami Literatur yang Efisien). Malang: Penerbit Sinar Baru Algensindo Bandung.
Redaktur Media. 2015. Literasi Indonesia Sangat Rendah. Diakses dari: http://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/14/12/15/ngm3g840-literasi-indonesia-sangat-rendah. Pada tanggal 23November2017.
Sufyandi, Susanti dan Dewi Utama Fizah, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wibhowo, Christine dan Ridwan Sanjaya. 2011. Stimulasi Kecerdasan Anak Menggunakan Teknologi Informatika. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wiedarti, Pangesti dan Kisyani Laksono, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana.
Zamzani dan Rustono, dkk. 2016. Kecerdasan Majemuk (Berorientasi pada Partisipasi Peserta Didik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.79-89
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |