PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) BERBASIS AL-QUR'AN DALAM PENINGKATAN NILAI-NILAI KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI

Herwina Bahar, Iswan Iswan, Venni Herli Sundi, Nurul Lailatul Fitri, Salsabila Fakhirah

Abstract


Pembentukan pendidikan karakter bagi anak usia dini menggunakan pembelajaran beyond centers and circle time (BCCT) berbasis al-qur'an dilaksanakan di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tekknik analisis isi. Pembelajaran dengan melalui bermain merupakan konsep belajar anak usia dini, oleh karena itu proses pembelajarannya melalui cara-cara yang membahagiakan, menggembirakan, bebas dan aktif. Pembelajaran BCCT berguna dalam mingkatkan nilai-nilai karakter anak usia dini karna mampu memunculkan atau merangsang anak dalam belajar yang aktif, kreatif, dan mandiri dalam menggali pola pikirnya sendiri.. Proses pembelajaran BCCT berbasis Al Quran dapat menciptakan program pembiasaan moral agama islam dan sosial emosional yang diterapkan di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, program tersebut  mengembangkan karakter dan mengembangkan kecerdasan relegius anak, proses pembelajaran diintegrasikan kepada nilai-nilai al-Islam dan penjadwalan hafalan surat pendek al-Qur’an, doa-doa dan bacaan hadis singkat sudah mulai diperkenalkan kepada anak-anak, bahkan dijadwalkan secara khusus di hari kamis dan jum’at. Kegiatan ini sangat penting bagi anak usia dini, sebagai penguat dalam aqidah dan nilai-nilai ibadah kepada Allah SWT. Hafalan asmaul Husna dijadikan model pembelajaran di TK untuk mengenalkan Allah sejak dini kepada mereka. Anak usia dini lebih mudah mencintai Allah dan mensyukuri CiptaanNya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.2.145-155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ