MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN BERBAHASA MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Rr. Septriwi Antarsari

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan guru dan anak dalam menganalisis dan berbahasa matematika menggunakan pola. Peneliti fokus kepada bagaimana guru dapat membantu anak TK Kelompok B memanipulasi, mencipta, menggunakan dan menginterpretasi konsep matematikan melalui pola. Pola adalah salah satu komponen dari kemampuan kognitif yang harus dicapai oleh anak usia dini. Pola merupakan pengulangan atau repetisi atas urutan. Pola merupakan tema yang menghubungkan topik-topik matematis. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan studi komparatif, sebelum dan sesudah penelitian. Responden terdiri dari 18 anak di kelas J3 AM (Kelompok B) Sekolah Indonesia Yangon. Anak yang bertugas setiap hari mengisi kalender kelas sesuai tema pada saat pertemuan pagi. Strategi ini terbukti efektif karena semua anak terlibat aktif dalam kegiatan. Anak yang tidak bertugas, memperhatikan serta memberikan pendapat dalam kegiatan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan analisis anak naik sampai 84%, dan keterampilan berbahasa matematika anak naik sampai 94%.


Full Text:

PDF

References


Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al Qur’an. 2002. Mushaf Al Qur’an Terjemah. Departemen Agama RI.

Baqi, Fu’ad Abdul Muhammad. 2018. Kumpulan Hadist Shahih Bukhari Muslim: Al-Lu’lu wal Marjân. Jakarta: Penerbit Ummul Qura.

Biro Hukum dan Organisasi. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

Burgess, Kadoria. 2017. What is A Pattern in Math-Definition and Rules. (Online) Available: study.com/academy/lesson/what-is-a-pattern-in-math-definition-rules.html. (1 May, 2020)

Children’s Resources International. Creating Child-Centered Classroom. 2000, August. Washington, D.C : Children’s Resources International, Inc.

Kasihani, Kasbolah, E.S., dan Sukarnyana, I Wayan. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Universitas Negeri Malang.

Pelatihan “Menciptakan Kelas Yang Berpusat Pada Anak”. 2006. Sebuah Makalah, Yapis Ibnu Sina Cilacap & Children’s Resources International, Inc..

Pelatihan “Menciptakan Kelas Yang Berpusat Pada Anak”. 2004. Sebuah Makalah, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar Jakarta & Children’s Resources International, Inc.

The National Association for the Education of Young Children. 2004. Spotlight on Young Children and Math. The United States of America.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.2.139-144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ