PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA WATER BEADS

Neny Sekar Sari, Imam Syafi'i

Abstract


Pengembangan merupakan proses yang akan terjadi di setiap anak dan mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.Salah satunya adalah kemampuan dalam mengenal warna. Kemampuan mengenal warna adalah kemampuan yang penting untuk dikembangkan,karena warna dapat merangsang indera penglihatan otak. Kemampuan tersebut penting untuk dikembangkan di berbagai unsur pendidikan.Dalam hal ini,peran  pendidik memegang peran yang penting untuk mengembangkan kemampuan anak mengenalkan warna. Pengembangan ini bisa dikembangkan melalui media water beads. Kemampuan mengenali warna merupakan perkembangan bawaan sejak lahir, namun harus dipelajari kembali agar bisa berkembang sejak dini.


Keywords


Pengembangan; Kemampuan Mengenal Warna; Water Beads

Full Text:

PDF

References


Anhusadar, L., & Wulandari, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 58-68.

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.

Hidayati, S. R. S. W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 24.

Soetjiningsih, C. H. 2012. Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada.

Harun Rasiyd,Mansyur,& Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Purnamasari, Ayu, dan Nurhayati Nurhayati. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 1(2):124.

Senja Nurmala Dewi. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Mtode Discovery Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan.”192(4):121–30.

Ibnu Teguh Wibowo. 2013. Belajar Desain Grafis, Yogyakarta: Buku Pintar.

Winardi, A. (2016). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri ANALISIS PENERAPAN METODE. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.

Rachelle A. 2010. “Tinkerlab Water Beads and Kids How to Play With Water Beads.” [Online]. Tersedia: https://tinkerlab.com/water-bead-exploration/

Bunda. 2017. “Rumah Bunda Mendidik dan Menginspirasi.[Online]. Tersedia: https://www.rumahbunda.com/permainan-dan-kreativitas/asyiknya-bermain-dengan-water-beads-hidrogel/

Sari, R. K. (2015). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri ANALISIS PENERAPAN METODE. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN GELEMBUNG WARNA PADA ANAK PAUD “TUNAS HARAPAN BANGSA”TAHUN PELAJARAN 2014/2015, 01(08), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.28-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ