PENILAIAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI ERA COVID 19

Zahratur Rahma, Siti Fatonah

Abstract


Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan terhadap penilaian dan perkembangan pada aud pada era coronavirus 19. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui penilaian dan perkembangan aud pada era covid 19 di TK Nur Ikhsan. Penelitian yang digunakan untuk menemukan hasil dari penilaian dan perkembangan aud yaitu menggunakan penelitian yang menngunakan wawancara dokumenyasi dengan metode kualitatif. Kualitatif adalah pengambilan dan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara serta dokumentasi. dalam penelitian ini yang menjadi narasumber adalah guru di TK Nur Ikhsan. hasil dari wawancara dapat dipahami bahwa penilaian dan perkembangan anak usia dini di TK Nur Ikhsan dilakukan dengan cara bantuan orang tua yang di bimbing oleh guru. di TK tersebut menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan metode bercerita dengan mengunakan media online. untuk dokumentasi penilaian dan perkembangan anak guru yang di bantu orang tua untuk mengambil foto dari kegiatan yang dilakukan oleh anak secara daring melalui foto atau pun video yang dikirimkan ke pada guru.


Keywords


penilaian, perkembangan, anak usia dini, era covid 19

Full Text:

PDF

References


ASpinelli, A, and G. Pellino. 2020. “COVID-19 Pandemic: Perspectives on an Unfolding Crisis.” British Journal of Surgery 107 (7): 785–87. https://doi.org/10.1002/bjs.11627.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Dibyo, Pramono. n.d. “Metode Penelitian,” 39–51.

Fitriyani, Yani, Irfan Fauzi, and Mia Zultrianti Sari. 2020. “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19.” Profesi Pendidikan Dasar 7 (1): 121–32. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Hasanah, Faizzatul, and Qurrotul Uyun. 2019. “Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kasus Tk Khadijah Al-Muayyada Sampang).” Islamic EduKids 1 (1): 31–37. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814.

Irianwati, Nanik. 2013. “Modul Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini” 1 (1): 12–14.

Iswantiningtyas, Veny, and Widi Wulansari. 2018. “Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Proceedings of the ICECRS 1 (3): 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396.

Jilid I. n.d. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.

Maryani, Kristiana. 2020. 2020. “Penilaian Dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran Di Rumah Di Masa Pendemi Covid-19.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (2): 41–52. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/4/4.

Munawaroh, Hidayatu. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (2): 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19.

Nurdin, Nurdin, and Laode Anhusadar. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD Di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.

Nurhayati, Erlis. 2020. “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19.” Jurnal Paedagogy 7 (3): 145–50.

Nurhayati, Sri, and Anita Rakhman. 2017. “Studi Kompetensi Guru Paud Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi.” Jurnal Pendidikan Anak 6 (2): 109–20. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699.

Pantau, Penerapan Metode, Untuk Meningkatkan, Keterampilan Menulis, and Siswa Dalam. 2017. “Penerapan Metode Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil (4P) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dalam Meringkas Cerita.” Jurnal Pena Ilmiah 2 (1): 91–100. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9530.

Penelitian, Abstrak, and Kata Kunci. 2020. “PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4 No 1, Oktober 2020” 4 (1): 87–96. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v.

Setiawan, Adib Rifqi, Mita Puspaningrum, and Khoirul Umam. 2019. “Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6 (2): 187–92. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887.

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158-2167.

Syah, Rizqon H. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7 (5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Wasyik, Torikhul, and Abdul Hamid. 2020. “Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19 Di Sanggar Tahfidz Enterpreuner Krian Sidoarjo.” Dudeena 4 (1): 13–24.

Wulandari, Hesti, and Edi Purwanta. 2020. “Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.34-43

Refbacks



Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ