PENERAPAN KEGIATAN BAJUMPUT (MEMBATIK JUMPUTAN) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Novi Sintia Dewi, Choirun Nisak Aulina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan BAJUMPUT (Membatik Jumputan). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Perwanida Putat Tanggulangin sejumlah 15 anak. Target ketercapaian kelas pada penelitian tindakan kelas ini adalah 75%. Pada pra-siklus nilai ketercapaian keterampilan motorik halus kelas sebesar 49,8%. Pelaksanaan siklus I dengan penerapan kegiatan BAJUMPUT nilai ketercapaian keterampilan motorik halus anak 63,13%, selanjutnya setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pada siklus II maka diperoleh nilai keseluruhan anak 86,33%. Hal ini berarti bahwa ada peningkatan keterampilan motorik halus setelah diterapkan kegiatan BAJUMPUT (Membatik Jumputan) pada anak usia 5-6 tahun.

 


.


Keywords


keterampilan motorik halus, kegiatan BAJUMPUT (membatik jumputan), anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. 27th, 2018th ed. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Arikunto, Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian.” Jakarta: Jakarta: Rineka Cipta.

Anhusadar, L. (2014). Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Shautut Tarbiyah, 20(1), 98-113.

Dewi, Rosmala. 2005. “Berbagi Masalah Anak TK.” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fajrin, Latifah Permatasari, and Ayu Nur Khoyimah. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Melalui Batik Jumputan.” 1(1).

Hurlock, Elizabeth. 2004. “Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima.” Jakarta: Erlangga.

Muarifah, Alif, and Nurkhasanah. 2019. “Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak.” Journal of Early Childhood Care &Education 2(1).

Primus, Supriono. 2016. “The Heritage of BATIK.” Yogyakarta: CV. Andi.

Roostin, Erna. 2020. “Upaya Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana.” KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(2).

Setiawati, Eka, and Rina Ningsih. 2017. “Membatik Jumputan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak.” BIDAYAH : Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 2(2).

Sumantri. 2005. “Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.” Jakarta: Depdiknas.

Susilo, Setiadi. 2016. “Pedoman Penyelenggaraan PAUD.” P. 41 in. Jakarta: PT Bee Media Pustaka.

Tanto, Octavian Dwi, and Aulia Humaimah Sufyana. 2020. “Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dalam Seni Tradisional Tatah Sungging.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2).

Wahyuni, Rizki, and Erdiyanti. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1).

Wandi, Zherly Nadia, and Farida Mayar. 2020. “Analisis Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.18-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ