PENERAPAN KEGIATAN BAJUMPUT (MEMBATIK JUMPUTAN) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan BAJUMPUT (Membatik Jumputan). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Perwanida Putat Tanggulangin sejumlah 15 anak. Target ketercapaian kelas pada penelitian tindakan kelas ini adalah 75%. Pada pra-siklus nilai ketercapaian keterampilan motorik halus kelas sebesar 49,8%. Pelaksanaan siklus I dengan penerapan kegiatan BAJUMPUT nilai ketercapaian keterampilan motorik halus anak 63,13%, selanjutnya setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pada siklus II maka diperoleh nilai keseluruhan anak 86,33%. Hal ini berarti bahwa ada peningkatan keterampilan motorik halus setelah diterapkan kegiatan BAJUMPUT (Membatik Jumputan) pada anak usia 5-6 tahun.
.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. 27th, 2018th ed. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Arikunto, Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian.” Jakarta: Jakarta: Rineka Cipta.
Anhusadar, L. (2014). Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Shautut Tarbiyah, 20(1), 98-113.
Dewi, Rosmala. 2005. “Berbagi Masalah Anak TK.” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Fajrin, Latifah Permatasari, and Ayu Nur Khoyimah. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Melalui Batik Jumputan.” 1(1).
Hurlock, Elizabeth. 2004. “Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima.” Jakarta: Erlangga.
Muarifah, Alif, and Nurkhasanah. 2019. “Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak.” Journal of Early Childhood Care &Education 2(1).
Primus, Supriono. 2016. “The Heritage of BATIK.” Yogyakarta: CV. Andi.
Roostin, Erna. 2020. “Upaya Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana.” KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(2).
Setiawati, Eka, and Rina Ningsih. 2017. “Membatik Jumputan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak.” BIDAYAH : Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 2(2).
Sumantri. 2005. “Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.” Jakarta: Depdiknas.
Susilo, Setiadi. 2016. “Pedoman Penyelenggaraan PAUD.” P. 41 in. Jakarta: PT Bee Media Pustaka.
Tanto, Octavian Dwi, and Aulia Humaimah Sufyana. 2020. “Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dalam Seni Tradisional Tatah Sungging.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2).
Wahyuni, Rizki, and Erdiyanti. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1).
Wandi, Zherly Nadia, and Farida Mayar. 2020. “Analisis Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1).
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.18-27
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |