ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS RENDAH

Authors

  • Nurbaiti Widyasari (Scopus ID: 57200721277) Universitas Muhammadiyah Jakarta http://orcid.org/0000-0002-3183-3983
  • Nabila Surya Safitri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yustiza Dindiany Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Iswan Iswan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yuliana Yuliana SDN Pondok Petir 03
  • Nurusofa Indah Sari SDN Pondok Petir 03

DOI:

https://doi.org/10.24853/yby.5.2.64-70

Keywords:

Number Sense, Bilangan, Effect of Operations

Abstract

Topik bilangan merupakan topik yang penting yang dipelajari oleh anak usia dini yaitu salah satunya siswa kelas 1. Dalam topik bilangan siswa akan mengembangan kemampuan number sense yang akan berguna dalam mengembangkan daya nalar, berpikir logis, dan membantu dalam menentukan strategi pada proses penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan number sense siswa kelas 1 di salah satu SDN di wilayah Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan instrument tes yang terdiri dari dua soal yang diberikan kepada 6 siswa SD kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa.  Kemampuan number senses siwa pada effect of operation khususnya operasi pengurangan dinilai baik yaitu 5 dari 6 siswa menjawab benar, sedangkan pada topik penjumlahan dinilai kurang baik hanya 33% atau 2 dari 6 siwa yang menjawab dengan benar

Author Biography

Nurbaiti Widyasari, (Scopus ID: 57200721277) Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Muhammadiyah JakartaGoogle ScholarOrchid

References

Anwar, R. fitri. (2020). MEDIA NUMBER SENSE UNTUK MENGENALKAN BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MULTISENSORI. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.26740/JP.V5N2.P55-64

Authary, N. (2016). Number Sense Anak Usia Dini: Suatu Investigasi pada Aritmatika Tahap Awal. Bunayya, I(2), 1–15.

Cockburn, A. D., & Littler, G. (2013). Mathematical Misconceptions: A Guide for Primary Teachers. Mathematical Misconceptions: A Guide for Primary Teachers. SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446269121

Dina, I. B., & Duryati, D. (2020). HUBUNGAN NUMBER SENSE DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SD KOTA BUKITTINGGI. Jurnal Riset Psikologi, 2020(1). https://doi.org/10.24036/JRP.V2020I1.8162

Hadi, S. (2015). Number sense. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33654/MATH.V1I1.89

Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 38-49.

Mirawati, M. (2015). PENERAPAN PERMAINAN MATEMATIKA KREATIF DALAM MENINGKATKAN NUMBER SENSE ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Edusentris, 2(1). https://doi.org/10.17509/EDUSENTRIS.V2I1.159

Mufidah, I. (2017). Profil Number Sense Siswa SD pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Kognitif Object Imagery, Spatial Imagery dan Verbal. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 208–214. https://doi.org/10.15294/KREANO.V8I2.9545

Nurhanida, Witri, G., & Alpusari, M. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS V SD SEKECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–14. Diambil dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/13362

Susilowati, T. (2015). KEMAMPUAN NUMBER SENSE MELALUI METODE LEARNING BY PLAYING. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 324–335. https://doi.org/10.21009/JPD.062.14

Downloads

Published

2021-11-29