Strategi Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Karakter Pada Anak Di PAUD Qurrata Ainainy

Penulis

  • Heni Farida Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Munawwarah Samad Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Kata Kunci:

Strategi Guru, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini.

Abstrak

Pendidikan karakter pada anak usia dini menjadi perhatian utama dalam membentuk individu yang berakhlak dan memiliki nilai-nilai moral sejak dini. Namun, masih terdapat keterbatasan dalam pemahaman guru mengenai strategi efektif dalam mengenalkan karakter pendidikan di PAUD, khususnya di PAUD Qurrata Ainainy. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru dalam menanamkan karakter pendidikan pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah dan dua guru yang mengajar di PAUD Qurrata Ainainy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di PAUD Qurrata Aiainy diterapkan melalui kurikulum Merdeka yang dikombinasikan dengan kurikulum berbasis fitrah, serta berbagai strategi pembelajaran seperti bercerita, bermain peran, dan pembiasaan nilai karakter dalam aktivitas sehari-hari. Media pembelajaran seperti buku cerita dan alat peran edukatif juga digunakan untuk memperkuat pemahaman anak terhadap nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, empati, dan kemandirian. Faktor pendukungnya meliputi lingkungan sekolah yang Islami, peran aktif guru, dan keterlibatan orang tua, sementara tantangan utama adalah konsistensi antara nilai-nilai yang diajarkan di sekolah dan di rumah serta pengaruh pola asuh keluarga. Kajian ini menekankan pentingnya sinergi antara sekolah dan keluarga dalam membentuk karakter anak usia dini secara optimal.

Referensi

Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Prenada Media.

Andriani, R., & Amelia, R. (2024). Pengaruh metode storytelling dalam menanamkan nilai tawakal di RA Nurul Huda Ngebruk Sumberpucung Malang. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 101-105.

Aslindah, A. (2027). Alat permainan edukatif: Media stimulus anak jadi aktif dan kreatif. Kaaffah Learning Center.

Astari, et al. (2024). Ekologi Sosialisasi Anak: Perspektif Keluarga, Sekolah Dan Komunitas. Cv. Edupedia Publisher.

Badar, S., et al. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini menurut Kihajar Dewantara dan Maria Montessori. Al-Muaddib, 4(1), 63-65.

Bahtiar, A. (2023). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Alquran & Hadis di sekolah (hlm. 27-34). UMSU Press.

Benedicta, H. (2025). Pengembangan e-LKPD Berdiferensiasi Terintegrasi Hots Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sistem (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung).

Budiarti, E. (2023). Asesmen pendidik karakter anak.

Creswell, W. (2024). 4.2. Karakteristik Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif, 45.

Darojat, U. S. N. A., & Muhid, A. (2024). Konsep pembentukan akhlak Ibnu Miskawaih dalam perspektif teori belajar behaviorisme. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(4), 286-298.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Grashinta, et al. (2025). Pengantar Pendidikan Anak. Penerbit Widina.

Handayani, F., & Khadijah, K. (2024). Penerapan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK IT Al Fikri. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 101-108.

Hanifah, S., & Kurniati, E. (2024). Eksplorasi peran lingkungan dalam masa transisi pendidikan anak usia dini ke sekolah dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 130-142.

Harahap, E., dkk. (2022). Pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam (hlm. 310-311). NEM.

Izhama, R. (2024). Implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini dalam pembentukan sosial emosional anak di PAUD Alam Jungle School Sekaran Kecamatan Gunungpati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 11-11.

Khairiah, K. (2021). Kinerja guru dalam perspektif budaya organisasi, kepemimpinan dan motivasi kerja.

Lubis, et al. (2024). Pembelajaran andragogi pada perguruan tinggi Islam: Analisis pengelolaan manajemen kelas dan strategi pembelajaran. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 5(1), 161-173.

Mainuddin. (2023). Pemikiran pendidikan karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 287. https://doi.org/10.1234/attadrib.563

Mariana, E. (2018). Konsep Multiple Intelligences Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu).

Mayasarokh, M., & Rohman, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di kelompok bermain Rabbani. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 167-185.

Muharam, et al. (2022). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa kelas V di SDN Sindangkasih 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10417-10426.

Munawwarah, & Astuti, S. (2019). Early childhood character education practices based on local wisdom in Aceh: Challenges and efforts made in globalization era. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 71-72.

Munawwarah, M., et al. (2023). Parents' role in early sex education introduction for childhood in Taman Pintar Daycare Banda Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 9(2), 245-254.

Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Permadi, K. S., & Dewi, P. Y. A. (2022). Esensi permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 41-50.

Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi guru dalam pembentukan karakter sosial anak usia dini di lingkungan sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374-383.

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan teori Piaget dan Vygotsky ruang lingkup bilangan dan aljabar pada siswa MTs Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65-76.

Samad, M., et al. (2024). Implementation of Disaster Mitigation Educational Policies in Pre-school: A Case Study of Effective Steps in Preparing Children for Disaster. Journal of Governance and Social Policy, 5(1), 63-79.

Samad, S. A. A., et al. (2024). Islamic Educational Approaches To Stunting Prevention and Child Protection. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 163-174.

Santoso, et al. (2024). Perspektif filsafat progresivisme pada pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran IPAS. Proficio, 5(1), 441-448.

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Switri, E. (2022). Bimbingan konseling anak usia dini. Penerbit Qiara Media.

Tahwila, U. M. (2023). Fitrah manusia dalam perspektif Al-Qur’an dan implikasinya dalam pendidikan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Sekar Nagari Unnes. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2).

Waruwu, F. (2024). Peran pendidikan karakter dalam membentuk sikap positif terhadap belajar anak di sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11002-11008.

Wibowo, H. (2020). Pengantar teori-teori belajar dan model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.

Yulia, S., et al. (2021). Problematika pendidikan karakter pada lembaga pendidikan anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 248-250. https://doi.org/10.1234/snpasca.858

Zega, (2023). Manfaat penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran anak usia dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 53-64.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-20