PENDEKATAN TABSYIIR, TARGHIB DAN TA’TSIIR DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN NILAI PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Rohimi Zam Zam Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/yby.2.1.61-66

Kata Kunci:

Tabsyiir, Targhib, Tatsiir, AUD

Abstrak

Pertumbuhan dan perkembangan anak setelah lahir berjalan cepat.  Begitu juga dengan perkembangan moralnya. Penguatan pendidikan anak usia dini didalam Islam meliputi perkembangan aqidah, kecerdasan, akhlak, kejiwaan, rasa keindahan dan kemasyarakatan anak. Diperlukan penguatan pendidikan nilai sebagai upaya  penanaman nilai sejak dini dari keluarga untuk anak akan menjadi bekal anak dalam menjalani kehidupannya menjadi baik. Anak sebagai amanah perlu dididik, diperlakukan dengan adil, maka untuk menanamkan nilai kebaikan, kejujuran, kepedulian dan kasih sayang, perlu dilakukan dengan pendekatan metode 3 T, yaitu metode Tabsyiir, Targhib, Tatsiir.

Biografi Penulis

Rohimi Zam Zam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Imam Musbikin, Buku Pintar PAUD, Jakarta : Laksana, 2010

Linda, N.Eyre, Teaching Your Children Values,New York: Simon Sand Chister, 1995.

Mulyana Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004.

Muhammad Thalib, Pendidikan Islami Metode 30 T, Bandung : IBS,1996

Zaim Elmubarok,”Membumikan Pendidikan Nilai”, Bandung : Alfabeta, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-12