UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI BERMAIN PASIR

Penulis

  • Sriyanti Rahmatunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Halimah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/yby.2.1.67-82

Kata Kunci:

Kecerdasan naturalis, bermain, pasir.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia  4-5 tahun dapat dilakukan dengan tindakan kelas melalui bermain pasir. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan di TK Ta Ba Ta Islamic Preschool Bekasi Timur. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, catatan lapangan dan dokumentasi yang dilakukan dalam setiap siklus. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan pada kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun setelah diberikan tindakan sebanyak dua siklus. Peningkatan kecerdasan naturalis anak terlihat dari data hasil persentase disetiap siklus, hasil persentase di pra siklus sebesar 28%. Persentase pra siklus rendah, karena belum diberikannya kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pasir. Hasil persentase pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 58%, hal ini karena sudah menggunakan bermain pasir, namun belum secara maksimal menguasainya. Hasil persentase pada siklus II menjadi sebesar 87% karena anak sudah terbiasa dengan bermain pasir yang merupakan kegiatan bermain yang menyenangkan. Bermain pasir merupakan bermain bermain konstruktif, dimana anak mampu memanipulasi pasir dengan daya imajinasi, pikiran, ide dan gagasan anak, sehingga menjadi sebuah karya nyata yang dapat menstimulasi kecerdasan naturalis. Implikasi dari penelitian ini adalah pemilihan media yang tepat oleh guru dalam menstimulasi kecerdasan naturalis akan memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini.

Biografi Penulis

Sriyanti Rahmatunnisa, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Siti Halimah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Aisyah, Siti, 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka

Coughlin, Pamela, 2000. Menciptakan Kelas Berpusat Pada Anak. International: Children Resources International

Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, 2008. Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2009. Bermain Sambil mengasah Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djaali, dan Mujiono, 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk ( Multiple Intelligences ). Batam: Interaksara

Hartati, Sofia. 2007. How To Be A Good Teacher and To Be A Good Mother, Seri Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Enno Media

Hurlock, Elizabeth B, 1978. Perkembangan Anak, Jilid 1 Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Iskandar, 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group

Jatmiko, Yusef. Ragam Aktivitas Harian Untuk Playgroup. Jogjakarta: Diva Press

Kartono, DR. Kartini. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV Mandar Maju.

Kasmadi. 2013. Membangun Soft Skill Anak-anak Hebat. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia

Khairani, Makmum, 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Lwin, May. Lyen, Kenneth. Khoo, Adam. Dan Sim, Caroline. 2005. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: PT. Intan Sejati Klaten

Miles dan Huberman, 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press

Moeslihatoen, 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA

Montolalu, B.E.F, at all, 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Paizaluddin, at all. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research): Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta

Patmonodewo. Soeminarti, 2004. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta Sudono

Prasetyo, Justinus. Dan Andriani, Yenny, 2009. Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa. Yogyakrta: Andi Of Set

Puspitarini, Henny, 2013. Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak. Jakarta: Gramedia

Sudono, Anggani, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Gramedia

Sudono, 2006. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sujiono, Nurani. Dan Sujiono, Bambang. 2005. Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks..

Uno, Hamzah, 2002. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Yaumi, Muhammad. Dan Ibrahim, Nurdin. 2005. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : Prenadamedia Group

Yulastri, Lilies. Wibawa, Basuki Dan Rahmatunnisa, Sriyanti. 2012. Modul Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: FT UNJ

Yulianty, Rani, 2012. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak Modern &Tradisional. Jakarta: Naga Swadaya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-12