Obstacles and Solutions of MSMEs in Electronic Commerce during Covid-19 Pandemic: Evidence from Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisadi, Y. C., & Djazuli, A. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Fixed Asset to Total Asset Ratio terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 66, 567–574. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/593
Ashari, R. A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E-Commerce bagi Usaha Mikro Kecil Menengah pada Pengusaha Perak di Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi
Chaffey, D. (2002). Chaffey, Digital Business and E-Commerce Management, 6th Edition. Pearson.
Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. In Buku Pemasaran Produk dan Merek (Issue August).
Harto, B., & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357
Iacovou, C. L., Benbasat, I., & Dexter, A. S. (1995). Electronic Data Interchange and Small Organizations: Adoption and Impact of Technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 19(4), 465–485. https://doi.org/10.2307/249629
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Kuan, K. K. Y., & Chau, P. Y. K. (2001). A Perception-Based Model for EDI Adoption in Small Businesses Using a Technology-Organization-Environment Framework. Information and Management, 38(8), 507–521. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00073-8
Kusumastuti, A. D. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam Mempertahankan Business Continuity Management (BCM). EJournal Administrasi Bisnis, 8(3), 224–232.
Lim, S. C., Lim, S. P., & Trakulmaykee, N. (2018). An Empirical Study on Factors Affecting E-Commerce Adoption among SMEs in West Malaysia. Management Science Letters, 8(5), 381–392. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.4.008
Mehrtens, J., Cragg, P. B., & Mills, A. M. (2001). A Model of Internet Adoption by SMEs. Information and Management, 39(3), 165–176. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00086-6
Nainggolan, R. (2016). Gender, Tingkat Pendidikan dan Lama Usaha Sebagai Determinan Penghasilan UMKM Kota Surabaya. Kinerja, 20(1), 1. https://doi.org/10.24002/KINERJA.V20I1.693
Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195(March), 142–150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423
Rhenald, K. (2018). The Great Shifting - Google Buku. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudarwati, Y. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri E-Commerce Indonesia. IX(17), 13–16.
Sukmaningrum, T. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Sulistyowati, R. I. (2017). Pengaruh Kualitas SDM dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Semarang Dengan Sistem Pengendalian Intern Sebagai Variabel Intervening. In Jurnal Akuntansi.
Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Warung Salapan ). 6(2), 163–171.
World Health Organization. (2020). Infection Prevention and Control During Health Care When COVID-19 is Suspected. Who Health Organization, March, 1–5.
DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v4i1.10318
Refbacks
Copyright (c) 2021 BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship
BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |